Bisnis

Cara Bergabung Jualan Di Tokopedia Yang Bisa Dicoba

Cara Bergabung Jualan Di Tokopedia – Sejalan bersama dengan tingginya pengguna internet, usaha online kian diminati. Ketimbang berjualan di toko konvensional yang membutuhkan budget besar untuk operasional, usaha online dipilih banyak masyarakat karena minim modal dan cocok untuk para pemula yang baru mempelajari bisnis.

Selain mengakses toko online secara mandiri, alternatif lainnya adalah bergabung bersama dengan marketplace. Salah satunya Tokopedia, marketplace terpercaya di Indonesia yang udah berdiri sejak th. 2009. Adapun, syarat berjualan sangatlah mudah juga lakukan cara dropship di Tokopedia yang terlalu mungkin Anda sanggup berbisnis tanpa mengeluarkan modal.

Tokopedia merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang teknologi dan punya misi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia didirikan pada th. 2009 oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Mereka jadi melihat kesempatan berasal dari adanya persoalan kesenjangan ekonomi yang ada di negeri ini, pemasaran yang tidak merata mengakibatkan masyarakat yang bertempat di pelosok sulit beroleh akses untuk beroleh produk seperti di perkotaan.

Hal ini yang jadi dasar terbangunnya teknologi digital Tokopedia. Sejak 2009 hingga saat ini Tokopedia jadi pelopor transformasi digital di Indonesia. Tokopedia udah bertransformasi jadi unicorn yang berpengaruh bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

Tokopedia jadi marketplace yang paling diminati oleh masyarakat. Hingga kini masyarakat sanggup mendaftar untuk mejadi costumer maupun penjual secara gratis bersama dengan layanan dasar. Peluang ini dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempermudah transaksi online dan berjualan online bersama dengan mengakses toko di Tokopedia.

Dengan slogan “Mulai Aja Dulu”, Tokopedia udah memberdayakan jutaan pedagang dan costumer dan menolong secara terus-menerus para pelaku Usaha Mikro Kecil Mandiri (UMKM) dan perorangan untuk mengembangkan usaha mereka bersama dengan memasarkan produk mereka melalui Tokopedia. Untuk anda yang tengah mengawali usaha sanggup bergabung bersama dengan Tokopedia sebagai platform yang memudahkan anda dalam memasarkan produk.

Cara Bergabung Jualan Di Tokopedia – Untuk Anda para pemula, baiknya Anda fokus dalam 1 sektor usaha untuk memaksimalkan brand awareness di mata pelanggan. Jika Anda menjual banyak produk di banyak kategori, hal ini akan menjaring lebih banyak kompetitor dan mempersempit kesempatan Anda untuk memenangkan persaingan di Tokopedia.

Sebagai dropshipper pemula, sebaiknya Anda memilih produk yang sederhana dalam pengiriman. Hindari berjualan produk bersama dengan risiko rusaknya yang tinggi seperti perlengkapan elektronik berukuran besar, alat-alat bangunan ataupun perlengkapan otomotif besar. Disarankan, Anda menjual produk-produk yang sederhana seperti bahan makanan dan minuman, produk fashion, smartphone dan aksesorisnya, perlengkapan elektronik mini ataupun kosmetik.

Melalui Tokopedia, Anda sanggup mencari supplier terbaik melalui ribuan penjual berasal dari bermacam kategori. Cara termudah, lakukan filter pencarian bersama dengan klik badge Gold Merchant untuk mendapatkan penjual bersama dengan reputasi tinggi berdasarkan kuantitas penjualan, kepuasan pelanggan dan keseriusan dalam lakukan penjualan di Tokopedia.

Di sini, Anda sanggup menjalin kerjasama bersama dengan supplier yang sedia kan penjualan grosir. Anda sanggup mengirimkan pesan pada supplier selanjutnya dan melihat tanggapannya. Jika tanggapan diberikan secara cepat dan positif, Anda sanggup melanjutkan kerjasama.

Tak lupa, Anda pun wajib memastikan bahwa calon supplier menawarkan harga paling rendah ketimbang penjual lainnya, memberikan komisi yang jelas, punya produk memiliki kualitas tinggi, ketersediaan stok barang yang melimpah, punya syarat pengembalian dan garansi yang jelas, dan juga berlokasi dekat bersama dengan pasar seumpama di kawasan Jabodetabek.

Jika Anda udah mendapatkan produk dan supplier yang tepat, Anda sanggup memanfaatkan situs pencarian Google untuk mencari niche yang pas dan meneliti pesaing dropship lainnya. Anda sanggup memanfaatkan Google Keyword Planner untuk melihat frekuensi pencarian berasal dari sebuah kata kunci dalam satu bulan atau memanfaatkan layanan Google Tren jika Anda tertarik menjual barang-barang yang tengah jadi tren di sebuah negara.

Sebelum jadi dropshipper di Tokopedia, sebaiknya Anda mencermati Info Tokopedia Hot List yang berada di homepage. Pada daftar ini, Anda sanggup melihat daftar penjualan paling laris di Tokopedia dalam satu sesi selanjutnya harga paling rendah berasal dari kategori produk tersebut.

Anda sanggup bergabung dan mengakses toko di Tokopedia bersama dengan cara mudah dan praktis, selanjutnya merupakan langkah-langkah yang sanggup ditunaikan untuk mengakses toko di Tokopedia :

Cara Bergabung Jualan Di Tokopedia Melalui Komputer/Dekstop

Jika anda belum punya akun di Tokopedia, anda sanggup mendaftar khususnya dahulu. Pertama, membuka situs Tokopedia https://www.tokopedia.com/

1. Klik tombol Daftar disamping kanan layar anda

2. Lalu akan nampak form pendaftaran, di sini anda sanggup mendaftar memanfaatkan akun google atau facebook atau mendaftar melalui nomor ponsel / email

3. Setelah sukses registrasi, anda sanggup login memanfaatkan email / nomor ponsel yang udah terdaftar sebelumnya.

4. Setelah sukses Login, klik “Buka Toko” pada anggota kiri-atas halaman home atau klik ikon selanjutnya memilih “Buka Toko”

5. Isi seluruh information yang dibutuhkan bersama dengan lengkap dan benar, seperti:

a. Domain toko (www.tokopedia.com/domaintokokamu)

b. Informasi toko (nama, slogan, deskripsi) sebagai catatan, anda tidak sanggup lakukan pergantian nama toko. Jadi anda sanggup memastikan khususnya dahulu sebelum saat sistem membuka toko sukses dilakukan.

c. Dukungan pengiriman

d. Dukungan pembayaran

e. Foto profil toko

Selesai, kini anda udah punya toko yang sanggup diisi bersama dengan produk yang akan anda pasarkan. Berjualan di Tokopedia tidak dipungut cost atau gratis, tanpa komisi apapun.

Pendaftaran Akun Tokopedia Melalui Smartphone Android

Sebelum mengakses toko, pastikan di smartphone anda udah terinstall aplikasi Tokopedia. Jika belum terinstal, anda sanggup mengunduh aplikasi Tokopedia yang ada di App Store. Setelah terinstal anda sanggup menggerakkan aplikasi, pastikan anda udah punya akun Tokopedia khususnya dahulu. Setelah sukses login, kini anda siap untuk memasarkan produk bersama dengan mengikuti tahapan selanjutnya ini :

1. Klik ikon pada pojok kiri atas di aplikasi Tokopedia anda.

2. Lalu akan tampil halaman Info toko, di sini anda sanggup mengisi nama toko dan domain toko. Nama toko yang udah di set tidak sanggup diubah sehabis pembuatan toko berhasil. Jadi fikirkan baik-baik nama toko yang akan anda buat.

3. Lalu klik “Buat Toko”

4. Selanjutnya lengkapi Info toko anda seperti deskripsi, slogan dan logo toko. Tokopedia punya ketetapan pengisian Info paling lambat 7 hari sehabis toko dibuat, jika melebihi batas waktu yang udah ditentukan maka secara otomatis sistem akan menghapus information toko anda.

5. Selanjutnya melengkapi Info alamat pengirim bersama dengan mengklik “PIlih berasal dari Daftar Alamat”, pada bagian ini anda sanggup memilih Kota, mengisi kode pos

6. Selanjutnya anda sanggup mengisi Pinpoint Lokasi bersama dengan member tanda pada peta, pengisian ini opsional yang ditujukan untuk pengantaran Instant Courier supaya jika anda men-set isian ini, maka otomatis akan menyita alamat cocok bersama dengan Pinpoint yang ada set disini.

7. Selanjutnya, anda sanggup memilih kurir mana saja yang akan di sajikan di toko anda, selanjutnya klik tombol selanjutnya

8. Selesai, kini anda udah punya toko bersama dengan standing aktif dan sukses dibuka