Tutorial

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email – Bekerja merupakan langkah untuk memenuhi keperluan seseorang. Dengan bekerja seseorang termasuk mempunyai identitas bahwa ia bekerja di perusahaan ini.

Di zaman saat ini yang serba canggih gara-gara pertumbuhan teknologi yang makin lama meningkat ini, seseorang lebih dimudahkan dalam melacak lowongan pekerjaan sekaligus dimudahkan dalam melamar pekerjannya.

Sebab, kami tidak harus sibuk lagi untuk segera datang ke suatu lembaga atau perusahaan untuk melacak pekerjaan ataupun memasukkan lamaran pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Dan Cara Mengirim Lewat Email

Di masa modern layaknya selagi ini, misal surat lamaran kerja via e mail selagi ini lebih banyak dicari oleh mereka yang tengah melacak pekerjaan. Jika pernah surat lamaran kerja selamanya dikirimkan via pos atau diantarkan segera ke sebuah lembaga atau perusahaan, kini cuma dengan e mail para pencari kerja bisa mengirimkan surat lamaran kerja ke perusahaan dengan lebih mudah.

Tentu langkah membuat lamaran kerja via e mail ini tidak cuman untungkan para pencari kerja yang tidak harus belanja ampop, perangko, ataupun surat-menyurat lainnya, langkah ini termasuk untungkan bagi pihak perusahaan, gara-gara sistem rekrutmen menjadi lebih efisien.

Pihak lembaga atau perusahaan saat ini ini termasuk sudah mulai banyak yang manfaatkan teknologi e mail dalam sistem rekrutmen karyawannya. Karenanya, banyak perusahaan yang terhubung lowongan kerja dan mempersilahkan para pencari kerja untuk mendaftar dan mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya melalui email.

Jika selagi ini anda inginkan apply pekerjaan melalui e mail dengan melampirkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya. Alangkah baiknya anda harus membaca Info selanjutnya ini sebagai acuan selagi mengirim lamaran ke perusahaan selanjutnya melalui email.

Di bawah ini adalah Info apa saja yang harus disiapkan dalam mengirim surat amaran kerja melalui e mail beserta dengan misal surat lamaran kerja via e mail dan Cara mengirim lamaran kerja melalui e mail untuk bermacam keperluan selanjutnya ini.

Hal Yang Perlu Disiapkan

Persiapkan Seluruh Dokumen Persyaratan Yang Diminta

Langkah pertama yang harus anda melaksanakan adalah persiapkan khususnya dahulu dokumen-dokumen yang diperlukan oleh perusahaan. Pastikan persiapkan seluruh dokumennya dengan benar sesuai dengan yang diperlukan perusahaan.

Umumnya perusahaan butuh dokumen-dokumen layaknya Scan Ijazah, Sertifikat TOEFL, Sertifikat Pelatihan atau Magang, Scan KTP, Scan Transkip Nilai, CV, dan dokumen-dokumen perlu lainnya.

Jangan lupa pastikan seluruh dokumen sudah terscan dengan rapi dan jelas, sehingga bisa diterima dan dibaca paham oleh HRD. Dan ukuran file mengatur dengan permintaan perusahaan sehingga ukuran file tidak besar dan pastikan format file sesuai dengan apa yang butuhkan perusahaan, layaknya “.doc” , “.pdf” , atau “.jpeg”

Menggunakan Nama Lengkap Yang Jelas Saat Email

Banyak yang tetap menyepelekan perihal yang satu ini, padahal pemakaian nama lengkap yang paham pada e mail menjadi perihal yang diperhatikan oleh HRD.

Hindari pemakaian nama e mail dengan tambahan kata-kata yang tidak sesuai. Misalnya [email protected] diubah menjadi [email protected]

Untuk email, anda bisa manfaatkan e mail dari Google yaitu Gmail atau anda termasuk bisa manfaatkan Yahoo. Keduanya sama-sama banyak digunakan untuk melamar pekerjaan.

Pastikan Kirim Email Sesuai Dengan Informasi Dari Perusahaan
Pada selagi e mail surat lamaran pekerjaan beserta kelengkapannya, pasti perusahaan sudah menambahkan Info bagaimana subjek atau format emailnya. Ada beberapa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja via email, diantaranya Email yang dituju atau penerima CC, Subjek, Isi Email dan Lampiran atau attachment.

Perlu diperhatikan juga, terkecuali anda inginkan mengirim lamaran kerja via e mail untuk mengatur selagi jam kantor. Yaitu di antara jam 9.00 – 12.00 atau 13.00 – 16.00, dan tentu saja pastikan anda mengirim pada selagi lowongan kerja tetap ada. Hal ini mempunyai tujuan dalam menunjukan diri anda merupakan pribadi yang profesional.

Cara Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email Dengan Benar

Dalam Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email, anda bisa manfaatkan smartphone atau laptop/pc. Namun dianjurkan untuk mengirimkannya melalui aptop/pc untuk meyakinkan dokumen sudah benar dan lengkap.

Disamping itu, anda termasuk selamanya bisa manfaatkan smartphone dengan memindahkan data-data perlu yang diperlukan dari laptop/pc ke smartphone.

Berikut Langkah-langkah Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email :

Isi dan Pastikan Alamat Email Perusahaan Sudah Benar
Pastikan anda sudah double check untuk alamat e mail perusahan, jangan hingga salah 1 huruf/angkat penulisan e mail perusahan, gara-gara bisa membuat surat lamaran tidak terkirim ke e mail perusahaan.

Isi dan Pastikan Subjek Email Sudah Benar
Beberapa perusahaan kini mengharuskan untuk mencantumkan posisi yang dilamar dalam subjek email. Hal ini berfaedah untuk memudahkan perusahan atau pihak HRD untuk paham e mail yang masuk adalah e mail dari para pelamar kerja

Contoh Subjek Email layaknya berikut:

Misal untuk Posisi Account Receivable

Nah, di sini anda bisa mencantumkan AR – Ricky Darmawan Haryanto di Subjek Email

Namun, tersedia termasuk perusahaan yang inginkan subjek berlainan dari langkah tersebut. Kamu harus lebih teliti dalam membaca Info dari perusahaan khususnya dalam subjek e mail yang ditentukan oleh perusahaan.

Tulis Lamaran Kerja di Body Email Dengan Lengkap
Tulis Surat Lamaran kerja anda di body e mail dengan lengkap dan singkat, jangan sangat bertele-tele dalam menulis surat lamaran kerja.

Disini anda bisa menulis surat lamaran kerja dalam wujud file .DOC lantas masukan kedalam lampiran, dan termasuk bisa menulis surat lamaran kerja segera di body email

Kebanyakan para pencari kerja selagi ini tetap meniadakan body email, dan cuma melampirkan attachment yaitu dokumen-dokumen.

Padahal dengan penambahan penulisan surat lamaran kerja di anggota body e mail mempunyai tujuan sehingga HRD bisa segera membaca surat lamaran kerja yang kami kirim, dari pada harus mendowload pernah file surat lamaran kerja dalam wujud doc.

Pastikan Melampirkan Semua Persyaratan Yang Diminta Perusahaan
Pastikan anda melampirkan seluruh file yang sudah discan baik itu KTP, Ijazah, Transkrip Nilai, dan lain sebagainya sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan,

Usahakan sehingga file lampiran tidak lebih dari 2 MB, Perlu diperhatikan dalam melampirkan file, untuk itu anda harus lebih teliti, gara-gara tiap-tiap lowongan kerja berbeda-beda dalam melampirkan file.

Ada beberapa perusahan yang menharuskan sehingga seluruh file dijadikan dalam 1 file PDF, dan tersedia termasuk perusahaan yang menghendaki sehingga file digabung menjadi 1 dalam wujud .RAR/.ZIP, menjadi di sini anda harus lebih teliti lagi dalam membaca aturan dari perusahaan.

Ikuti apa yang diharuskan oleh perusahaan.

Cek Kembali Tujuan, Isi dan Lampiran Email
Jika seluruh sudah di isi layaknya alamat e mail perusahaan, subjek, lampiran, serta isi email. Maka setelah itu anda harus memeriksa lagi semuanya, periksa apakah surat lamaran sudah sesuai dengan persyaratan yang diperlukan oleh perusahaan.

Dan yang paling perlu adalah periksa apakah alamat e mail perusahaan sudah benar dan tidak salah, karna terkecuali salah surat lamaran tidak bakal terkirim.

Kirim Surat Lamaran dan Berdoa
Jika seluruhnya sudah lengkap dan sesuai persyaratan yang diperlukan perusahaan, maka barulah anda kirim surat lamaran kerja via email.

Jangan lupa termasuk berdoa sehingga surat lamaran tersedia dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran anda sesuai dengan apa yang diperlukan oleh perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email

Nah, bagi anda yang belum punya kebiasaan membuat surat lamaran kerja via email. Berikut ini kami bakal informasikan Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email yang semoga bakal berfaedah bagi anda yang selagi ini inginkan apply surat lamaran kerja ke perusahaan idaman kamu.

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di Perbankan

Untuk bisa bekerja di bank tidak melulu harus mempunyai latar belakang pendidikan perbankan, ekonomi atau sejenisnya. Karena selagi ini latar pendidikan apa pun asalkan memenuhi persyaratan D3 atau S1 selamanya dipertimbangkan lho.

Misalnya jurusan Pendidikan Matematika, Pendidikan Guru, Pertanian, Teknik, dan lain sebagainya termasuk mempunyai peluang untuk melamar kerja di sektor perbankan.

Untuk melamar kerja di bank kebanyakan tim HRD menghendaki sehingga pelamar kerja mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya melalui email. Berikut ini adalah misal surat lamaran bekerja di perbankan via email:

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Surat Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Erika Nurramdhani
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/10/1996
Jenis Kelamin : Perempuan
Status Perkawinan : Belum Menikah
Pendidikan : S-1 Agroteknologi
Telp : 081234567891

Berdasarkan lamaran ini aku mengajukan permintaan kerja di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menduduki posisi Teller. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu, selanjutnya ini aku sudah melampirkan beberapa berkas perlu sebagai berikut:

Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
Scan Ijazah Terakhir
Daftar Riwayat Hidup
Scan Surat Keterangan Dokter
Pas Photo format .jpeg (1 file)
Demikian surat lamaran kerja yang aku buat, dengan lamaran ini kami menghendaki sehingga bisa diterima di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Terima kasih

Hormat saya,

 

Erika Nurramdhani

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Marketing

Setiap perusahaan pasti butuh seorang marketing untuk bisa memasarkan produknya. Untuk itu seorang sales atau marketing menjadi garda terdepan sebagai penggerak perusahaan dalam menjajakan produknya. Semakin besar keperluan perusahaan bakal perihal itu maka peluang menjadi orang yang bekerja untuk marketing termasuk makin lama banyak.

Untuk melamar kerja sebagai marketer pelamar bisa mengirimkan surat lamarannya melalui e mail yang dimiliki oleh masing-masingperusahaan terkait. Adapun misal surat lamaran kerja untuk marketing/pemasaran bisa di melihat di bawah ini:

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Marketing

Yth. HRD
PT. Duta Indah,

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ray Muhammad
Tempat/Tgl Lahir : Bandung/13/07/1990
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi
Telp : 08123456745

Dengan surat ini aku inginkan mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai seorang Staff Marketing Pemasaran.

Saya mempunyai pengalaman bekerja sebagai marketing pemasaran di salah satu perusahaan properti swasta. Dan dengan surat permintaan ini aku siap untuk berkontribusi pada PT Duta Indah yang Bapak/Ibu pimpin.

Sebagai bahan pertimbangan, aku melampirkan data sebagai selanjutnya :

Foto Ukuran 4×6
Scan KTP
Scan Ijazah Terakhir
Daftar Riwayat Hidup
Scan Sertifikat PKL
Scan Sertifikat Kompetensi
Demikian surat lamaran kerja ini saya, terima kasih atas perhatian Bapak / Ibu.

Hormat saya,

Ray Muhammad

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email di Sebuah Perusahaan
Saat ini perusahaan menambahkan banyak kemudahan bagi calon pekerja. Yaitu dengan mengirimkan e mail sesuai dengan Info dari perusahaan. Dengan langkah selanjutnya maka pencari kerja tidak harus membuang waktu, tenaga, dan duit cuma untuk cuman menyerahkan surat lamaran kerja kepada pihak perusahaan.

Karena pasti Perusahaan sudah berpikir tersedia langkah yang lebih efisien dan efisien dalam menyikapi perihal tersebut, salah satunya yaitu dengan menghendaki para pelamar untuk mengirimkan surat lamaran via email.

Bagaimana misal surat lamaran tersebut? Di bawah ini terlampir misal surat lamaran kerja via e mail di sebuah perusahaan.

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Accounting Staff

Yth. Bapak/Ibu pimpinan HRD
PT. Karya Persada

Dengan hormat,
Bahwa aku yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Rizki Prabowo
Tempat/Tgl Lahir : Surabaya/14/08/1997
Pendidikan : S1 Akuntansi
Telp : 081234567111

Dengan surat lamaran kerja ini aku punya niat untuk mengajukan permintaan kerja untuk perusahaan yang bapak/ibu pimpin sebagai Accounting Staff.

Sebagai pertimbangan maka aku lampirkan beberapa persyaratan yang dibutuhkan, di antaranya sebagai berikut:

Daftar Riwayat Hidup
Foto Terbaru
Scan KTP
Scan ijazah pendidikan terakhir
Scan sertifikat keahlian
Scan SKCK
Kesempatan diterima di perusahaan Karya Persada sangat aku mengharapkan sehingga aku bisa mengabdi di perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin.

Demikian surat lamaran ini aku lampirkan, akhir kata aku ucapkan terimakasih atas perhatian dari Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Rizki Prabowo

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Sebagai Designer

Profesi sebagai designer selagi ini menjadi profesi yang banyak dicari oleh perusahaan. Terutama untuk perusahaan startup. Nah, bagi anda yang inginkan mulai berkarir menjadi seorang designer, anda bisa segera mencoba untuk apply surat lamaran kerja via e mail selanjutnya ini. Berikut adalah salah satu misal surat lamaran kerja untuk designer.

To : [email protected]
Cc : [email protected]
Subject : Internal Fashion Designer

Dengan hormat,

Sesuai dengan Info yang tersedia pada web site Rumah Design, bahwa Rumah Design selagi ini tengah butuh tenaga kerja sebagai Internal Designer, maka aku yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Siska Kartikasari
Tempat/Tgl Lahir : Semarang/15/01/1994
Pendidikan : S1 Ilmu Komunikasi
Telp : 081234567777

Bermaksud untuk isi lowongan pada pekerjaan tersebut. Sebagai bahan pertimbangan, dengan dengan surat ini aku termasuk melampirkan daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu.

Besar harapan aku untuk menghadiri panggilan tes dan wawancara di Rumah Design untuk mengatakan lebih mendalam tentang data diri saya.

Atas perhatian Bapak/Ibu, aku mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Siska Kartikasari

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email Tanpa Menggunakan Posisi

Saat ini surat lamaran kerja via e mail banyak bentuknya, gara-gara tiap-tiap perusahaan mempunyai kebijakan yang berbeda-beda. Dengan selagi pelamar kerja mengirim e mail surat lamaran kerjanya bervariasi tata caranya.

Selain membuat surat lamaran kerja yang sudah berisikan nama perusahaan dan posisi yang hendak dilamar, hendaknya seseorang termasuk membawa file surat lamaran kerja tanpa posisi, sehingga memudahkan kala nantinya bakal melamar kerja di area yang berbeda.

Selain itu termasuk sering kadang terdapat perusahaan yang terhubung lowongan dengan tidak mencantumkan posisi. Berikut misal surat lamaran kerja via e mail tanpa manfaatkan posisi yang bisa dicontoh.

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Operator Produksi
Yth : Kepala Bagian Personalia
Di Tempat

Dengan hormat

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Dimas Winarko
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/11/1995
Pendidikan : STM Teknik Jaringan
Telp : 081234567888

Dengan ini aku mengajukan lamaran pekerjaan di Perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin sebagai operator produksi.

Untuk itu, Sebagai bahan pertimbangan aku lampirkan :

Scan SKCK
Scan Ijazah Terakhir
Pas foto 4 x 6
Scan KTP
Scan Trankrip Nilai
Scan sertifikat Keahlian
Demikian surat lamaran pekerjaan ini aku membuat dengan sebenar-benarnya, Atas pertimbangan dan perhatiannya aku ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Dimas Winarko

Contoh Surat Lamaran Kerja Via Email untuk Tenaga Kebersihan

Kebersihan merupakan perihal terutama bagi tiap-tiap area gara-gara berkenaan dengan kenyamanan beraktivitas dan bekerja. Untuk itu sebuah lembaga dan perusahaan pasti butuh tenaga cleaning pelayanan untuk melindungi kebersihan kantor perusahaan tersebut. Untuk itu pasti banyak lowongan yang sediakan posisi sebagai cleaning pelayanan selanjutnya ini.

Menjadi seorang cleaning pelayanan dihidangkan untuk seluruh kalangan tanpa melihat jenjang pendidikan dari pencari kerja. Karena itu perusahaan kebanyakan selamanya mewajibkan pelamar kerja mengirim surat lamaran via e mail walaupun di anggota tenaga kebersihan.

Oleh sebab itu hendaknya tiap-tiap individu bisa untuk membuat surat lamaran kerja via e mail tidak terkecuali untuk mereka yang melamar di posisi cleaning service. Adapun di bawah ini merupakan misal surat lamaran kerja via e mail untuk posisi cleaning service:

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Cleaning Servic

Dengan hormat,

Sesuai dengan Info yang dimuat pada blog/website di internet, bahwa “PT Sarana Teknik” tengah butuh beberapa lowongan kerja untuk posisi Cleaning Service, maka aku yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Juli Widodo
Tempat/Tgl Lahir : Malang/23/01/1973
Pendidikan : SMPN 3 Malang
Telp : 081234567365

Bermaksud untuk isi lowongan pada pekerjaan tersebut. Bersama ini aku lampirkan satu lembar daftar riwayat hidup dan data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan dalam isi kandidat sebagai cleaning service.

Bila dikehendaki, aku bersedia untuk memenuhi panggilan Bapak/Ibu untuk dites dan di wawancarai. Atas perhatian Bapak/Ibu, aku ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

Juli Widodo

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email Simple

Sebuah lembaga atau perusahaan pasti mempunyai kriterianya tiap-tiap bagi calon karyawannya. Tak jarang HRD menilai para pencari kerja dari CV dan surat lamaran kerja yang dikirimkan via email.

Untuk itu, kejelasan dalam sebuah Info CV dan surat lamaran kerja termasuk turut dipertimbangkan. Jika kebanyakan surat lamaran kerja terkesan panjang, kini anda bisa membuat surat lamaran kerja via e mail yang lebih simple.

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Rani Widya
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/30/07/1997
Pendidikan : S1 Ekonomi
Telp : 081234567555

Dengan ini aku punya niat mengajukan permintaan kerja di perusahaan yang bapak/ibu pimpin. Sebagai bahan pertimbangan, maka dengan ini aku lampirkan berkas-berkas sebagai berikut:

Daftar riwayat hidup
Scan ijazah terakhir
Scan sertifikat Komputer
Scan SKCK
Pas foto 3 X 4 Berwarna
Scan KTP
Demikianlah surat ini aku membuat dengan sebenar-benarnya. atas perhatian bapak/ibu aku ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Rani Widya

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email Bagi Yang Berpengalaman

Untuk anda yang sudah merasakan pengalaman bekerja yang lama, maka anda bisa merubah surat lamaran kerja beserta cv nya terupdate sesuai dengan pengalaman kamu. Sekarang ini sudah banyak surat lamaran kerja yang unik sehingga bisa menjadi referensi anda dalam membuat surat lamaran kerja dan cv paling baru dengan tulisan dan desain yang lebih menarik.

Seperti misal di bawah ini yang termasuk merupakan salah satu misal surat lamaran kerja via e mail untuk yang berpengalaman:

To : [email protected]
Cc : –
Subject : Lamaran Kerja

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT. Angkasa Jaya, layaknya yang termuat di harian Kompas tanggal 10 April 2019. Dengan ini aku mengajukan diri untuk berhimpun ke dalam Tim Marketing di PT Angkasa Jaya.

Berikut data diri aku selanjutnya ini :
Nama : Ratna Andini
Tempat/Tgl Lahir : Wonosobo/21/10/1990
Pendidikan : S1 Management
Telp. : 081234567891

Saya mempunyai suasana kebugaran yang sangat baik, mempunyai kapabilitas berbahasa inggris yang baik, serta mempunyai kapabilitas manajemen dan marketing yang baik. Dan aku termasuk punya kebiasaan bekerja dengan manfaatkan komputer. Keahlian aku dalam mengoperasikan aplikasi paket MS Office, layaknya Excel, Word, Acces, PowerPoint, OutLook, dan termasuk internet.

Saat ini aku bekerja sebagai staff Marketing support di PT. Cipta Logam. Saya senang untuk belajar, dan bisa bekerja secara berdiri sendiri maupun bekerja sama di dalam tim.

Sebagai bahan pertimbangan, aku lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup
Scan ijazah S-1 dan transkrip nilai
Scan sertifikat kursus/pelatihan
Pas foto 4×6 Berwarna
Saya menghendaki Bapak/Ibu bersedia menambahkan peluang bagi aku untuk posisi ini, sehingga aku bisa mengatakan secara lebih detil tentang potensi diri saya.

Demikian surat lamaran ini aku membuat dengan sebenar-benarnya, dan terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu.

Hormat saya,

Ratna Andini