Tutorial

Cara Membuat Origami Kupu Kupu

Cara Membuat Origami Kupu Kupu

Halo teman akrab sekalian, di artikel kali ini saya menginginkan share sedikit pengetahuan dan tutorial tentang Cara Membuat Origami Kupu Kupu. Namun alangkah lebih baik jika saya bahas sedikit Info tentang apa itu origami.

Tentang Origami

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal berasal dari negera Jepang sana. Adapun bahan yang digunakan tentunya yaitu kertas ataupun kain yang umumnya berbentuk persegi.

Origami adalah seni kerajinan tangan yang memerlukan kecermatan dan kerapihan di dalam sistem pengerjaannya. Sehingga bisa dihasilkan begitu banyak ragam bentuk origami berasal dari kertas yang indah dan elok dipandang mata.

Dengan seni origami ini, bisa dikreasikan begitu banyak ragam bentuk hanya bermodal selembar kertas lipat. Beberapa bentuk origami yang kerap dibuat pada lain seperti hewan (burung, kupu-kupu,dll), bunga, bentuk hati, dan ornamen lainnya.

Origami terhitung berfaedah sebagai hiasan ruangan. Kita bisa menggantungnya di sebuah lingkaran besi bersama jumlah banyak dan disusun secara teratur. Sehingga membuahkan urutan hiasan yang indah. Contohnya seperti selanjutnya ini.

Cara Membuat Origami Kupu Kupu Mudah

Seperti disebutkan tadi, banyak sekali bentuk yang bisa dihasilkan berasal dari origami. Namun di tutorial kali ini, lebih spesifik lagi saya akan menyajikan cara memicu origami kupu-kupu. Ya, kupu-kupu origami terhitung merupakan tidak benar satu bentuk yang paling kerap dibuat. Karena sistem pembuatannya yang masih terbilang gampang.
Dilihat berasal dari tingkat kesulitannya, memicu origami kupu-kupu ini masuk terhadap tingkatan easy-medium (mudah-menengah). Tidak terlampau sulit di dalam pembuatannya. Artinya masih bisa diusahakan oleh orang awam sekalipun.

Baik, tak perlu berlama-lama, kita segera saja masuk bagian inti, yaitu tutorial step by step-nya.

Dalam tutorial cara memicu origami kupu-kupu ini bisa mengfungsikan kertas lipat warna. Pilihan warnanya terserah, sesuai selera saja.
richameiliyana.blogspot.com

Atau jika sebetulnya tidak tersedia kertas lipat, boleh mengfungsikan kertas HVS biasa, saat masih bisa dilipat. Tapi jangan terlampau tidak tebal supaya tidak kesulitan saat hendak dibentuk.

Berikut adalah tahapan-tahapan cara memicu origami kupu-kupu bersama enteng berasal dari kertas lipat.

Tutorial cara memicu origami kupu-kupu berasal dari kertas lipat warna bersama mudah

Origami kupu-kupu yang satu ini merupakan tidak benar satu yang paling enteng pembuatannya. Namun hasilnya selalu terlihat cantik dan indah untuk dijadikan pajangan.

Dan tentunya ini telah lebih berasal dari sekadar kertas lipat yang dibentuk jadi kupu-kupu. Tapi ini sebuah karya seni yang punyai kelas tersendiri.

Bentuk berasal dari terhadap origami kupu-kupu ini memadai realistik menyerupai kupu-kupu aslinya. Sayap yang merlebar bersama prima ditambah lagi bersama kesan real berasal dari kepala dan badan tingkatkan keindahan berasal dari origami kupu-kupu ini.

Sobat terhitung bisa memberikan sedikit ornamen seperti antena kecil di bagian kepala kupu-kupu. Supaya kelihatan lebih ciamik hasilnya. Selebihnya bisa dikreasikan sendiri. Silakan berkesplorasi.

Langsung saja kita masuk terhadap tahapan cara memicu origami kupu-kupu ini

#1. Siapkanlah sebuah kertas lipat bersama bentuk kotak/bujur sangkar. Jika kertas yang tersedia masih berukuran persegi panjang, maka bisa dipotong lebih dari satu kecil sehinggga membentuk kotak yang serupa sisi. Untuk warna kertasnya, silakan pilih sesuai selera.

 

#2. Tahapan kedua yaitu lipatlah kertas secara diagonal. Caranya yaitu bersama merekatkan sudut kiri atas bersama sudut kanan bawah kertas. Kemudian lipatlah bagian tengahnya. Sehingga tampilannya seperti gambar berikut.

 

#3. Lalu bukalah lipatannya. Di bagian di dalam akan tampil garis bekas lipatan di kertas tersebut. Tampak seperti gambar di bawah.

#4. Berikutnya lagi lipatlah kertas bersama posisi diagonal. Namun kali ini bersama bagian sebaliknya. Yakni sudut kanan atas dipertemukan bersama sudut kiri bawah. Lalu lipatlah bagian tengahnya. Sudah terbayang kan? Lihat saja gambar di bawah ini.

 

#5. Kembali buka lagi lipatannya. Sekarang di bagian di dalam kertas telah tersedia dua garis bekas lipatan yang saling memotong secara tegak lurus di bagian tengah. Tampilannya seperti selanjutnya ini.

 

#6. Llipatlah kertas secara terbalik. Lipat 1/2 bagian atas kertas supaya membentuk gambar seperti di bawah ini.

#7. Buka lagi lipatannya. Sekarang telah tersedia tambahan satu garis bekas lipatan. Sumber garisnya berasal dari luar ke dalam. Kebalikan berasal dari 2 garis diagonal yang telah ada. Tampilannya adalah sebagai berikut.

 

#8. Dengan mengfungsikan jari tangan, coba tekan bagian lipatan gari tengah ke bagian dalam. Sehingga garis bekas lipatannya kini kelihatan jelas. Hasilnya adalah seperti berikut.

 

The Processing
#9. Arahkan lipatan kiri dan kanan secara bersamaan ke bagian tengah dalam. Hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

 

Dan akan membentuk segitiga berasal dari arah depan. Seperti di bawah ini.

 

#10. Buat lipatan berasal dari sudut kiri bagian susunan atas. Kemudian arahkan ke sudut segitiga (bagian puncak gunung).

#11. Lipat terhitung bagian kanan susunan atasnya. Sehingga bentuk kertas jadi seperti selanjutnya ini.

 

#12. Baliklah posisi kertasnya. Sehingga penampilan bentuk kertas jadi seperti ini:

 

#13. Lipat bagian bawah segitiga ke bagian atas hingga bagian ujung segitiga hanya terlihat sedikit. Bentuk seperti gambar di bawah ini.

 

#14. Balik lagi posisi lipatan kertasnya. Hasilnya terlihat seperti ini.

 

#15. Tarik sisi kiri faktor tiga ke arah bawah. Dengan begitu bagian sisinya akan dipaksa mengembang. Langsung saja rapikan dan lipat bagian yang mengembang tersebut. Jika tidak cukup jelas, memandang penampilan berikut.

 

#16. Sama seperti cara 15, mengulangi untuk bagian kanannya. Buat serupa seperti bagian kiri. Dan hasilny adalah sebagai berikut.

 

The Finishing
#17. Balik lagi posisi lipatan kertas. Sehingga kelihatan seperti di bawah ini.

 

#18. Lipatlah bagian atas segitiga ke bawah. Hasilnya kelihatan seperti gambar di bawah ini.

 

#19. Lipat lagi ke arah atas, kepala segitiga yang telah dilipat ke bawah tadi. Tapi tidak semuanya. Sisakan sedikit bagian yang selalu mengarah ke bawah. Jika bingung, seperti inilah hasilnya.

 

#20. Buat lipatan bentuk gunung berasal dari bentuk di atas. Caranya yaitu memadai bersama melipatnya secara simetris kiri dan kanan. Jadi bagian kanan ditutupi oleh bagian kiri.

Bentuk lipatannya seperti ini.

 

#21. Lipat secara diagonal bagian sayap. Seperti ditunjukkan terhadap gambar berikut.

 

#22. Balik lagi posisi lipatan yang telah terbentuk. Sehingga menujukkan penampilan sebagai berikut.

 

#23. Lipat sayap satunya lagi bersama cara yang sama. Hasilnya adalah sebagai berikut.

 

#24. Terakhir, bukalah lipatan sayap yang telah dibentuk. Dan kini anda telah punyai origami kupu-kupu yang indah.

Penutup

Bagaimana? Cara memicu origami kupu-kupu di atas terhitung mudah, bukan? Pastinya ya..

Tidak dibutuhkan skill berat-berat. Cukup bersama lipatan lebih dari satu kali saja, di dalam hitungan menit, origami kupu-kupu yang indah telah bisa dihasilkan.

Sobat bisa mengkreasikan sebanyak mungkin type origami kupu-kupu ini untuk kemudian digantung dan dijadikan hiasan rumah. Selain memberikan kesan indah terhadap ruangan, terhitung hiasan type ini sangatlah awet dan hemat tentunya.

Jadi menanti apa lagi? Mari segera praktekkan Cara Membuat Origami Kupu Kupu.