Tutorial

Cara Screenshot Di Laptop Dan PC Komputer

Cara Screenshot Di Laptop Dan PC Komputer

Bagi kamu yang telah kerap gunakan laptop atau PC, kegiatan screenshot layar kemungkinan bukan kembali hal baru. Screenshot dilaksanakan untuk berbagai macam keperluan. Masalahnya, apakah seluruh orang paham Cara Screenshot Di Laptop Dan PC Komputer?

Screenshot sendiri adalah gambar berasal dari hasil tangkapan layar yang digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk bahan presentasi atau hanyalah meng-copy untuk dibagikan ke orang lain. Fitur screenshot telah ada dalam proses operasi bawaan sampai berbagai macam aplikasi screenshot layar laptop yang ada di pasaran.

Walau terlampau mudah dilakukan, nyatanya tetap ada beberapa berasal dari kamu yang tetap belum paham bagaimana langkah screenshot laptop atau PC Windows. Untuk melakukannya, kamu cukup ikuti salah satu tutorial di bawah ini.

Beberapa Cara Screenshot di Laptop dan PC

1. Menggunakan Satu Klik

Cara screenshot termudah sanggup dilaksanakan hanya bersama dengan satu klik saja, yaitu bersama dengan menekan tombol khusus yang ada di keyboard, yaitu tombol ‘prt scrn’

Pengguna Windows sanggup melakukan langkah screenshot bersama dengan langkah menekan ‘tombol prt scrn’ (Print Screen) saja, tanpa dikombinasikan bersama dengan menekan tombol lain. Proses screenshot telah selesai hanya bersama dengan satu kali klik.

Untuk lihat hasil tangkapan layar tersebut, tugas setelah itu adalah mengakses aplikasi. Yang paling mudah gunakan aplikasi Paint bawaan Windows, gara-gara kami tidak harus download lagi. Setelah paint dibuka, langsung tekan ‘ctrl + v’ secara seiring untuk mem-paste gambar. Bisa termasuk bersama dengan ‘klik kanan selanjutnya pilih paste’.

Setelah itu, hasil screenshot bakal langsung nampak di paint. Tidak hanya bersama dengan gunakan paint saja, kami termasuk tetap sanggup gunakan aplikasi screenshot laptop lain seperti Microsoft Word untuk lihat hasil screenshot tersebut.

2. Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara screenshot bersama dengan satu kali klik gunakan tombol ‘prt scrn’ kadang tidak berlaku di seluruh laptop. Bila ini berlangsung terhadap laptop atau PC kamu, maka kamu sanggup mencoba langkah lain yang membutuhkan gabungan tombol.

Kombinasi Tombol Windows + prt sc
Cara sceenshot layar laptop yang pertama ini telah dilaksanakan terasa berasal dari Windows XP eksis. Walau telah tidak diupdate lagi, langkah screenshot di laptop terhadap Windows XP ini tetap dilaksanakan terhadap Windows 7, Windows Vista, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10.

Untuk melakukannya sangatlah mudah :

Tekan Logo Windows + Print Screen (Prt Sc) secara seiring terhadap keyboard komputer.
Setelah itu layar laptop atau PC bakal berkedip sebentar, hal ini menyatakan jika proses screenshot telah selesai.
Lalu gambar hasil screenshot bakal tersimpan secara otomatis di folder picture laptop tepatnya C:\Users\[nama user]\Pictures\Screenshots.
Kombinasi Tombol alt + prt sc
Cara screenshot ini termasuk sanggup dilaksanakan di Windows XP, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Caranya termasuk hampir sama seperti sebelumnya. Di mana kamu cukup menekan tombol alt + prt sc.

Setelah itu buka aplikasi Paint atau Microsoft Word untuk mempaste screenshot yang telah diambil tadi. Selain tombol, langkah screenshot ini termasuk miliki perbedaan di hasilnya. Di mana hanya jendela aktif saja yang bakal di capture. Sementara bagian taskbar dan yang lain tidak sanggup diambil screenshot-nya.

3. Menggunakan Aplikasi

Cukup banyak aplikasi yang sanggup digunakan untuk melakukan screenshot di laptop. Untuk memudahkan, selanjutnya ini beberapa himbauan kami.

Lightshot
Lightshot menawarkan langkah screenshot yang mudah, tetapi sebelumnya pastikan telah menginstal aplikasi ini dan bakal nampak ikon Lighshot di taskbar Windows. Untuk proses setelah itu pilih tampilan layar atau gambar yang sudi di screenshot, selanjutnya klik icon Lightshot terhadap menu Taskbar. Kemudian pilih tempat yang bakal diambil gambarnya, sanggup gunakan mouse komputer.

Setelah gambar dipilih selanjutnya save bersama dengan meng-klik ikon disket, simpan sesuai format yang di sediakan yaitu PNG, JPEG dan BMP. Untuk fitur lainnya ada share, print, copy, beri tambahan teks, berikan marker dan lainnya. Ukurannya pun kecil hanya 4MB dan support Windows XP, Windows 7, Windows 8 dan juga Macintosh.

Schirmfoto
Kelebihan berasal dari Schirmfoto sanggup menaruh hasil screenshot dalam resolusi tinggi, pilihan formatnya pun bervariasi seperti JPG, PNG dan PDF. Menariknya, aplikasi screenshot di laptop ini sanggup merekam video tampilan terhadap layar. Untuk fitur lainnya sanggup di edit bersama dengan melakukan crop, print dan juga beri tambahan watermark, marker dan lainnya.

Ukurannya terlampau kecil hanya 5MB dan support untuk Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Untuk menggunakannya, klik ikon kamera dan gambar bakal tersimpan secara otomatis. Schirmfoto termasuk terlalu mungkin untuk pengambilan gambar yang diinginkan.

Screenshot Captor
Kelebihan berasal dari Screenshot Captor sanggup melakukan screenshot dalam halaman yang panjang (long screenshot). Meski demikian, tetap terlalu mungkin untuk meng-capture terhadap bagian-bagian khusus sesuai keinginan.

Tersedia pula beberapa tools tambahan untuk mengubah hasil screenshot jadi lebih menarik, seperti beri tambahan frame, border, shadow effects blurring, watermark dan lainnya. Ukurannya hanya berkisar 8MB.

Jing
Fitur dan juga tools yang ditawarkan tidak jauh berbeda bersama dengan aplikasi screenshot lainnya. Termasuk sanggup merekam tampilan layar dalam durasi 5 menit. Caranya cukup pilih menu Capture Video di opsi Menu. Hanya saja, untuk format gambar yang tersimpan hanya ada PNG saja.

4. Menggunakan Snipping Tool

Pada proses operasi Windows baru, terkandung sebuah aplikasi bawaan yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini berfungsi untuk melakukan screenshot dan memicu anotasinya. Untuk gunakan aplikasi ini, kamu harus membukanya bersama dengan langkah memanggil melalui Cortana (Windows 10) atau klik Start dan ketik ‘snipping tool’.

Setelah aplikasi terbuka, klik new dan langsung pilih tempat screenshot yang dipilih. Setelah itu kamu sanggup langsung menyimpannya atau melakukan screenshot kembali jikalau terasa tidak puas.

Itulah Cara Screenshot Di Laptop Dan PC Komputer yang termudah dan cepat dilakukan. Sebenarnya seluruh langkah screenshot di laptop yang kami sebutkan di atas telah terlampau wajar dilakukan, tinggal kamu sudi pilih melakukan langkah yang mana. Selamat mencoba!