Bisnis

Hosting Murah Indonesia

Hosting Murah Indonesia – Memang wajar sih kalau masyarakat Indonesia ingin memberikan dukungan bagi produk-produk asli buatan Indonesia. Namun, kita harus menghadapi kenyataan bahwa web Hosting Murah Indonesia tidak cukup cepat dibandingkan beberapa web hosting dari mancanegara. Sedangkan kami di Bitcatcha, kecepatan adalah topik utama yang selalu menjadi perhatian kami.

Kita hidup di sebuah masa di mana masyarakat dapat mengakses segala jenis informasi dalam sekejap mata, dan mereka terbiasa dengan kecepatan. Oleh karena itu, server website sebaiknya berkecepatan tinggi sehingga pemuatan situs web dan kinerja lainnya dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Bila waktu pemuatan terlalu lama, maka pengguna akan jemu menunggu dan mereka akan meninggalkan website. Para pengguna akan mencari website lain yang dapat diakses dengan lebih cepat.

Kecepatan server host tergantung dari beberapa faktor, tetapi satu faktor yang terpenting adalah seberapa dekat lokasi pusat data host dari Indonesia.

Web hosting adalah rekan terpercaya Anda untuk mengembangkan bisnis, bila mampu mengatasi hal-hal seperti berikut ini:

  • Dapat menangani kenaikan trafik yang tak terduga di website Anda.
  • Memudahkan rencana Anda bila ingin mengganti paket berlangganan.
  • Anda dapat dengan mudah menginstal aplikasi pihak ketiga di situs Anda.

Mereka yang lahir dan besar di Indonesia pasti sudah paham mengenai sifat dan kebiasaan orang Indonesia. Semua user internet di negara-negara lain memang sama-sama menginginkan kecepatan tinggi dalam hal mengakses sebuah website. Namun, menurut pengamatan kami konsumen di Indonesia mempunyai karakter khusus.

Karakter konsumen Indonesia yang cenderung impulsif dan suka ikut-ikutan disebabkan oleh pola pikir orang Indonesia yang sederhana. Mereka adaptif dengan teknologi, dan akan lebih tertarik dengan layanan yang memberikan berbagai kemudahan, terutama dalam hal metode pembayaran yang disediakan web hosting untuk mulai berlangganan paket yang ditawarkan.

Penyedia layanan web hosting sebaiknya menawarkan metode pembayaran yang populer di kalangan konsumen Indonesia, seperti i-banking bank-bank lokal. Memiliki kartu kredit adalah sesuatu yang cukup langka di kalangan masyarakat Indonesia, karena beberapa bank cukup ketat dalam hal meloloskan aplikasi kartu kredit. Web hosting yang hanya menyediakan metode pembayaran kartu kredit sangat mungkin tidak diminati konsumen Indonesia.

Peraturan pemerintah mengenai perlindungan data konsumen mewajibkan para pemilik situs web mencari rekanan web hoster yang dapat dipercaya, karena melindungi data konsumen sama artinya dengan melindungi bisnis mereka dari ancaman kriminalitas di dunia maya.

Sebetulnya tidak sulit mencari dan menentukan mana web hosting yang dapat diandalkan dan terpercaya. Walaupun lokasi server fisik sebuah web hosting berada di luar negeri, hal ini bukan berarti data-data pribadi dan website Anda akan rentan dalam hal keamanan.

Menurut kriteria kami, sebuah web hoster yang baik akan menawarkan hal-hal berikut untuk melindungi keamanan data pelanggan:

  • Sistem keamanan server yang diperkuat dengan firewall dan sistem pertahanan brute-force.
  • Sistem monitoring untuk menelusuri atau mendeteksi upaya peretasan atas situs web pengguna, sekaligus bereaksi bila terjadi serangan.
  • Sertifikat SSL untuk memastikan semua data yang dikirimkan di form web terenkripsi.

Dengan banyaknya pilihan web hosting yang mengklaim masing-masing sebagai terbaik, termurah, terpercaya, dst., wajar jika Anda jadi ragu-ragu memutuskan pilihan Anda. “Bagaimana kalau pilihan saya keliru?”

Bitcatcha hadir sebagai rekan terpercaya para pembaca kami untuk membantu mana web hosting yang terbaik. Berikut adalah sejumlah poin yang kami garis bawahi pada saat menentukan pemilihan web Hosting Murah Indonesia:

1. Kecepatan
Sebuah web hosting yang bonafid sebaiknya menawarkan kecepatan yang baik dan uptime sampai dengan 99,9%. Kami sudah melakukan pengujian mengenai poin ini menggunakan situs percobaan dan dengan bantuan uptimerobot.com.

Hasil uji kecepatan yang kami lakukan atas inisiatif sendiri berikut ini dilakukan dengan bantuan penguji kecepatan (speed checker) yang ada di situs kami, dengan mengutamakan prinsip obyektivitas. Kami merancang fitur ini untuk membantu pengguna internet menguji kecepatan server mereka. Semua pengguna internet dapat memanfaatkannya untuk mengetahui seberapa cepat situs Anda merespon pemanggilan dari berbagai negara yang berbeda.

Sebagai pembanding, kami akan mengacu pada kecepatan yang direkomendasikan Google, yaitu 200 md.

2. Layanan
Web hosting yang profesional harus menyediakan layanan pelanggan yang dapat dijangkau melalui live chat, e-mail, dan telepon, serta merespon semua pertanyaan dan keluhan secara cepat dan sesuai dengan kebutuhan para pelanggan.

3. Kemudahan & penggunaan
Menurut kami, sebuah web hosting sebaiknya menyediakan antarmuka pengguna (UI) yang sederhana dan mudah dipahami, agar pengguna tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengatur laman web dan dapat segera memanfaatkan situs web untuk mengembangkan bisnis.

4. Menepati janji
Dewasa ini, tidak sedikit web hosting yang menawarkan paket “unlimited” dan harga paket yang sangat murah. Kami sudah cukup lama melakukan pemantauan terhadap banyak web hosting dari seluruh penjuru dunia, dan biasanya web hosting yang memberikan janji muluk-muluk cenderung mencurigakan.

Semua web hosting yang kami uji rata-rata cukup bagus, dan Anda dapat menggunakan salah satu dari tujuh web hosting berikut ini.

1. Niagahoster
Kami sudah menguji kecepatan Niagahoster, bahkan kami juga sudah meng-hosting website kami dengan penyedia layanan itu yang mempunyai server fisik berlokasi di Indonesia.

Hasil pengujian yang dilakukan di pemerika kecepatan server kami menunjukkan, kecepatan rata-rata Niagahoster secara global adalah 174 md dan 32 md bila diakses dari negara-negara Asia dan Oseania.

2. Hostinger ID
Berdasarkan hasil riset kecil kami, Hostinger mempunyai server fisik yang berlokasi di Singapura.

Kecepatan rata-rata penyedia layanan web hosting ini secara global adalah sedikit di bawah Niagahoster, yaitu 177,8 md. Namun, kecepatan pengaksesan Hostinger dari negara-negara Asia dan Oseania lebih tinggi, yaitu 28 md.

3. Kinsta
Berikutnya adalah Kinsta – host WordPress terkelola premium yang dibentuk pada tahun 2013 oleh tim pakar pemuja WordPress. Hasilnya adalah host memiliki pengetahuan sangat mendalam mengenai WordPress.

Untuk memahami dengan tepat seberapa cepat Kinsta, kami menyiapkan 2 situs pengujian dan memasukkannya ke dalam alat uji kecepatan Bitcatcha kami. Kinsta mencetak peringkat A+ yang mengesankan untuk keduanya!

4. Rumahweb
Rumahweb adalah penyedia layanan web hosting lokal yang mempunyai server fisik yang berlokasi di Indonesia.

Berdasarkan laporan hasil pemeriksa kecepatan server Bitcatcha, Rumahweb mempunyai kecepatan yang jauh di bawah tiga web hosting sebelumnya. Kecepatan rata-rata global mereka adalah 196 md, sedangkan kecepatan pengaksesan dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 55,2 md.

5. Exabytes
Kami di Bitcatcha juga meluangkan waktu untuk menguji beberapa web hosting lokal Indonesia, dan salah satunya adalah menjajal Exabytes sebagai web hosting situs kami.

Menurut hasil laporan pemeriksa kecepatan server kami, kecepatan Exabytes secara global sedikit di atas Rumahweb, yaitu 183,3 md, sedangkan kecepatan pengaksesan rata-rata dari negara-negara Asia dan Oseania adalah 36 md.