Bisnis

Memilih Hosting Untuk Website

Memilih Hosting Untuk Website – Salah satu persoalan terbesar bagi para pemilik website (mungkin juga Anda) yang bakal mengonlinekan website nya adalah Mereka curiga terhadap kualitas hosting yang banyak dijanjikan oleh penyedia layanan hosting. Kemudian mereka cari solusinya di internet, browsing, lebih-lebih hingga bertanya ke forum-forum.

Bukannya mendapatkan jawaban yang sesuai, banyak sekali jawaban yang bertentangan antara yang satu dengan yang lainnya.

Dan parahnya lagi, banyak yang manfaatkan Anda dengan langkah menawarkan layanan hosting punya mereka yang ‘katanya’ baik dan tidak dulu down dengan harga yang amat murah (bahkan tidak masuk akal).

Anda pun tidak sadar kualitas hosting punya mereka, apakah apa yang mereka janjikan itu tepat atau tidak. Lalu, kelanjutannya Anda pun mencoba paket hosting punya mereka.

Mirisnya, layanan mereka tidak sesuai dengan apa yang mereka katakan. Website Anda menjadi sering tidak mampu dibuka karena server sering down ataupun karena alasan lainnya.

Kini, Anda tidak mampu berbuat apa-apa lagi. Anda udah membuang duwit Anda untuk perihal yang belum pasti. (Kasus ini sesungguhnya banyak terjadi). Satu perihal yang mampu diambil dari cerita di atas. Bahwa hosting itu mempunyai peranan yang amat mutlak bagi website Anda.

Sebelum saya mengupas lebih dalam, Anda mampu baca artikel mengenai apa itu hosting dan Memilih Hosting Untuk Website dan domain sehingga Anda tidak salah kaprah.

Intinya, hosting itu berbeda ya dengan domain. Jika di dunia nyata, hosting itu dimisalkan sebagai lahan/tanah. Sedangkan domain itu sebagai alamat lengkap.

Domain itu tidak mampu dimiliki oleh lebih dari satu website. Hosting (Web hosting) itu bagaikan nyawa di dalam website Anda.

Jika hosting yang Anda manfaatkan itu jelek, maka bukan tidak mungkin website Anda bakal ada problem untuk dibuka.

Akibatnya :

  • Website Anda menjadi tidak cukup dipercaya dan sebabkan reputasi Anda jelek di mata pengunjung
  • Pengunjung website Anda turun drastis
  • Frekuensi orang yang klik iklan Anda bakal berkurang
  • Layanan (jasa/produk) Anda yang dijual lewat website tersebut kurang, lebih-lebih tidak laku
  • Konversi penjualan Anda pun merosot

Anda tidak berkenan kan mengalami seperti itu hanya karena persoalan sepele seperti Anda yang amat pelit untuk membeli hosting yang amat memiliki kwalitas ?

Pada dasarnya, hosting itu untuk menaruh data-data terhadap website Anda (gambar, konten, dll). Semua perihal terhadap website Anda itu disimpan dalam hosting Anda. Untuk itu, jangan sepelekan disk space terhadap layanan hosting yang bakal Anda pesan.

Kalau jika Anda tidak membayangkan disk space terhadap Memilih Hosting Untuk Website yang bakal menampung website Anda dan data-data Anda melebihi kapasitas penyimpanan maksimal, maka data-data terhadap website Anda tidak mampu disimpan ataupun website Anda mampu down dan tidak mampu diakses.

Disk space itu amat mutlak bagi website Anda. Oh iya, tersedia sesuatu yang mutlak yang wajib Anda tahu.
Terkadang, banyak penyedia layanan Memilih Hosting Untuk Website di Indonesia maupun di luar negeri mengimbuhkan disk space dengan kapasitas unlimited.

Tidakkah Anda berpikir ? Apakah mampu sebuah kapasitas penyimpanan information itu unlimited (tidak terbatas) ?
Padahal kan server itu serupa saja dengan pc yang mengakses dengan internet selama 24 jam tiap hari dan 7 hari tiap minggu.

Sehebat apa pun spesifikasi komputer, tentu disk space nya tidak unlimited (entah suatu sementara mungkin mampu unlimited). Jadi, wajib saya luruskan mengenai disk space yang unlimited. Itu sesungguhnya tidak unlimited.

Tetapi, satu space penyimpanan server itu digunakan bebas untuk para penggunanya dan saat kapasitas penyimpanan tersebut udah bakal habis, maka pihak penyedia layanan hosting bakal mengimbuhkan disk baru lagi untuk satu server komputer.

Kurang lebih seperti itu..

Jadi, jangan tertipu dengan kata unlimited storage (penyimpanan yang tidak terbatas).

Yang sering manfaatkan internet tentu sering mendengar kata bandwidth. Apa itu bandwidth ? Intinya, bandwidth adalah kuantitas information yang didownload oleh Anda dan pengunjung Anda.

Saya bakal ajarkan Anda langkah menghitung bandwidth secara manual…

Jadi misal, bandwidth hosting yang Anda manfaatkan itu 1 GB tiap bulannya. Dan Anda mempunyai 1 halaman yang tidak cukup lebih berukuran 10 kB.

Jika tersedia 10 pengunjung menuju website Anda dan hanya mengakses halaman itu sebanyak 2 kali dalam sehari, maka bandwidth website Anda menyusut tidak cukup lebih sebanyak 200kB terhadap hari itu (10kB x 10 orang x 2).

Oh iya, jikalau Anda mendapatkan layanan Memilih Hosting Untuk Website dengan menawarkan bandwidth unlimited, itu sesungguhnya tidak ada. Tidak tersedia bandwidth yang unlimited, yang tersedia itu bandwidth unmetered.

Bandwidth unmetered adalah bandwidth yang tidak diukur/dibatasi oleh pihak penyedia layanan hosting. Artinya, berapapun traffic website Anda, pihak penyedia layanan hosting tidak memperdulikan perihal itu.

Pernahkah terlintas di benak Anda saat Anda mendambakan sebabkan website lagi yang lebih profesional tetapi kantong Anda tipis untuk menyewa hosting? Sungguh miris…

Tapi, kabar baiknya jikalau Anda manfaatkan layanan hosting yang mempunyai fitur add on domain, Anda mampu mengupload/meng-online-kan website Anda di hosting yang udah Anda pesan sebelumnya.

Intinya, add on domain adalah sebuah fitur yang terlalu mungkin Anda manfaatkan 1 hosting untuk beberapa domain. Jadi, Anda tidak wajib Memilih Hosting Untuk Website lagi untuk daerah website Anda yang baru. Anda mampu manfaatkan hosting yang sama. Tetapi, risikonya lumayan besar.

Jika salah satu website Anda terkena malware, maka website yang lain juga bakal terkena malware atau jikalau salah satu website sebabkan load tinggi terhadap server, maka website lain bakal bermasalah.

Saran saya, lebih baik Anda manfaatkan 1 hosting untuk 1 domain saja jikalau Anda mendambakan website Anda lebih stabil dan tidak enteng down.

pa itu softaculous ? Softaculous adalah sebuah fitur/software yang memudahkan Anda dalam menginstall CMS seperti WordPress, Joomla, Drupal, dll. Banyak penyedia layanan hosting di Indonesia maupun mancanegara udah menyediakan Softaculous bagi para penggunanya.

Jika Anda manfaatkan website hosting yang mempunyai fitur ini, maka Anda kan lebih enteng dalam menginstall CMS dan tidak wajib konfigurasi database, dll.

Namun jikalau Anda sadar database dan pemrograman, mungkin tidak persoalan jikalau hosting Anda tidak mempunyai fitur Softaculous. Tetapi, bakal lebih efektif manfaatkan softaculous.

Tentu bakal repot jikalau Anda udah menyewa hosting tetapi tetap wajib membayar untuk domain. Harganya bakal lebih mahal jikalau Anda wajib menyewa hosting yang belum dengan domain, karena Anda bakal membayar untuk domain juga yang jikalau diakumulasikan bakal lebih mahal.

Pernahkah Anda memandang email yang tidak cukup lebih seperti ini : [email protected], [email protected], dll ? Apa yang terlintas di benak Anda saat memandang email seperti itu ?

Pasti Anda berpikir, “Wah, profesional sekali yang mempunyai email ini”. Website besar tentu mempunyai email yang tidak cukup lebih seperti itu demi meningkatkan reputasi dan kepercayaan.

Sekali lagi, reputasi dan kepercayaan.

Coba bayangkan jikalau Anda mempunyai email seperti itu, tentu orang lain bakal menganggap seperti Anda dan mampu menganggap Anda itu profesional.

Alhasil, reputasi dan kepercayaan website Anda dan Anda bakal meningkat di mata orang lain. Dan bagi Anda yang manfaatkan website Anda sebagai sumber penghasilan, mutlak bagi Anda mempunyai email seperti itu.

Tentunya, Anda wajib menentukan penyedia layanan Memilih Hosting Untuk Website yang menyediakan akun email dengan nama domain sendiri.