Tutorial

Pertanyaan Interview Dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Setelah sidang skripsi, kemudian revisi, sampai akhirnya yudisium dan wisuda, sesudah itu apa? Tentunya melacak pekerjaan. Sebagai seorang segar graduate yang amat ‘buta’ bersama dengan dunia kerja, banyak pertanyaan aneh dan bervariasi muncul di kepalamu. Misalnya, kamu penasaran bersama dengan proses rekrutmen sebuah perusahaan atau kamu mengayalkan rasanya bekerja di gedung perkantoran di lantai 15. Selain itu tadi, kamu pasti penasaran bersama dengan pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate yang akan diajukan oleh HR selagi mewawancarai kamu.

Sebelum masuk ke umpama pertanyaan, kita akan membahas apa obyek dan apa yang dicari oleh HR lewat pertanyaan yang dilontarkan ke kalian. HR akan menganalisa bagaimana isi dari jawabanmu, cara kamu menjawab, dan ketekunan dari jawaban tersebut. Dari situ akan muncul layaknya apa pembawaan dan apakah sesuai untuk bekerja di posisi yang dilamar atau sesuai bersama dengan budaya perusahaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate yang kerap ditanyakan kepada segar grad di interview dan cara menjawabnya.

Pertanyaan Interview Dan Jawabannya Untuk Fresh Graduate

Coba ceritakan bersama dengan singkat perihal diri kamu?

Dari pertanyaan ini, HR idamkan melihat bagaimana kamu mendefinisikan diri sendiri. Selain itu, jawaban dari pertanyaan ini akan jadi kesan pertama HR pada diri kamu, gara-gara pertanyaan ini biasa ditanyakan di awal dan jadi Info pembuka dari kamu untuk rekruter.

Cara menjawab pertanyaan ini adalah bersama dengan knowledge diri layaknya nama, umur, lulusan dari kampus mana dan di bidang apa. Kemudian dilanjutkan bersama dengan hal-hal yang kamu pelajari di sekolah/kampus, kesibukan atau aktivitasnya, pengalaman magang (jika ada), dan minat atau passion kamu yang berkaitan bersama dengan posisi yang dilamar.

Apa yang jadi berlebihan dan kekurangan kamu?

Menilai orang lain itu lebih ringan daripada menilai diri sendiri. Oleh gara-gara itu, HR idamkan mengetahui bagaimana kamu menilai berlebihan dan kekurangan diri sendiri. Jika ditanya kelebihan, direkomendasi untuk menyebutkan soft skills yang berkaitan bersama dengan posisi yang dilamar. Misalnya, jikalau kamu melamar di posisi Akuntan yang membutuhkan ketelitian dan fokus, kamu mampu menyebutkan bahwa kamu orang yang detail didalam laksanakan sesuatu. Jika ditanya kelemahan, jangan menjawab layaknya “Kelemahan saya adalah amat perfeksionis didalam segala hal.”, atau menjawab kelemahan yang tidak relate bersama dengan pekerjaan, layaknya “Saya tidak pintar didalam laksanakan negosiasi bersama dengan orang lain.”, padahal pekerjaan kamu nantinya tidak ada berkaitan bersama dengan negosiasi. Jawab saja kelemahanmu apa adanya, tapi jangan amat fokus didalam menjawabnya, dan sebutkan juga bagaimana kamu mengatasi kelemahan tersebut.

 

Kenapa kamu senang melamar ke perusahaan ini?

Untuk pertanyaan ini, jangan dijawab bahwa kamu perlu pekerjaan atau untuk melacak pengalaman—meskipun keduanya adalah memang alasan utama kamu melamar. Pertanyaan ini mampu dibilang adalah salah satu kesempatan kamu untuk mengakibatkan rekruter terkesan. Cara menjawabnya yaitu bersama dengan menyebutkan apa saja hal-hal yang menarik dari perusahaan tersebut.

Contohnya, kamu melamar ke sebuah perusahaan yang mengolah susu. Kamu mampu menyebutkan bahwa kamu amat senang product susunya, atau gara-gara produknya dikenal banyak orang. Bisa juga bersama dengan menjawab bahwa kamu telah melihat company review perusahaan tersebut dan banyak hal positif yang disebutkan di sana. Selain itu, sebutkan juga bahwa kamu idamkan berkontribusi dan mengimbuhkan yang terbaik untuk perusahaan.

 

Apa yang kamu ketahui perihal perusahaan ini?

Kalau kamu telah membaca beberapa tips interview, terdapat poin-poin yang memberi saran kamu untuk mempelajari dan melacak mengetahui layaknya apa perusahaan yang telah kamu lamar. Mungkin kamu masih bingung bersama dengan apa yang mesti dicari mengetahui perihal perusahaan tersebut.

Pertama yang mesti diketahui adalah bergerak di bidang industri apakah perusahaan tersebut.

Kedua adalah product atau fasilitas yang dibuat atau diberikan perusahaan tersebut. Kamu mampu gali lebih didalam berkaitan product atau fasilitas si perusahaan, layaknya apa pengunaan atau cara kerjanya.

Ketiga adalah kompetitor si perusahaan. Mungkin akan terdengar biasa saja jikalau kamu cuma menyebutkan satu kompetitor. Jadi akan lebih baik jikalau dilengkapi lebih dari satu, sebagai sinyal bahwa kamu telah laksanakan research yang amat mendalam.

 

Kenapa kita mesti memilih kamu sebagai anggota dari kami?

Pertanyaan ini biasa diajukan oleh rekruter di sesi paling akhir wawancara. Cara menjawabnya yaitu bersama dengan menyebutkan bahwa kamu idamkan berkontribusi untuk perusahaan bersama dengan skill yang dimiliki. Selain itu mampu juga tambahkan bahwa pembawaan kamu sesuai bersama dengan budaya perusahaan yang fleksibel dan diisi oleh banyak milenial—contoh jikalau kamu melamar di sebuah perusahaan startup.

 

Nah, lima pertanyaan di atas adalah yang kerap ditanyakan oleh rekruter kepada lulusan baru. Sekedar tips tambahan, rekruter akan lebih impressed jikalau kamu ternyata amat mengenal perusahaan yang dilamar, mulai dari produk, kegiatan, sampai ke kompetitor perusahaan. Ini berarti bahwa kamu adalah kandidat yang nyata-nyata didalam melamar kerja. Karena tak mampu dipungkiri, masih banyak segar grads yang asal melamar dan tidak mengetahui betul perusahaan yang dilamarnya.

Contoh Lain

1. Pertanyaan Pembuka

Silakan perkenalkan diri Anda.

Dengan siapa Anda datang ke sini?

Anda Tinggal di mana?

Di mana Anda tinggal? kos atau rumah sendiri?

Dengan kendaraan apa Anda ke sini?

Dari mana kamu mengetahui info lowongan di sini?

Menurut Anda, apakah Anda memenuhi kualifikasi untuk posisi yang dilamar?

Tips/Cara Menjawab: Untuk menjawab pertanyaan interview kerja segar graduate didalam hal pembukaan, kamu lumayan santai saja.

Jawab setiap pertanyaanya secara jujur dan tidak ditambah-tambahkan.

Pertanyaan pembuka layaknya ini memiliki tujuan untuk bridging atau pemanasan sebelum akan masuk ke pertanyaan ini.

Pertanyaan pembukaan ini juga biasanya ditanyakan oleh HRD untuk mengindentifikasi pembawaan dan kepribadian kamu.

2. Pertanyaan Latar Belakang Pribadi

Di mana kamu dibesarkan?

Apa cita-cita dan harapan Anda didalam hidup ini?

Apa motto hidup Anda?

Apa kesuksesan terbesar didalam hidup Anda?

Apa kegagalan terbesar didalam hidup Anda?

Hal apa yang memotivasi Anda sampai selagi ini?

Apa berlebihan dan kekurangan kamu?

Tips/Cara Menjawab: Untuk tipe pertanyaan wawancara kerja untuk segar graduate layaknya ini, kuncinya adalah menjawab bersama dengan sesuai hati Anda.

Jangan amat lebay, melebih-lebihkan ataupun berbohong untuk menjawab pertanyaan perihal kehidupan pribadi Anda.

Interviewer akan bersama dengan ringan mengidentifikasi jikalau kamu berbohong perihal kehidupan pribadi atau latar belakang kehidupan Anda.

3. Pertanyaan Latar Belakang Pendidikan

Anda benar dari Universitas X?

Apa saja yang Anda laksanakan semasa kuliah?

Apakah Anda mengikuti kesibukan akademik atau non akademik tidak cuman berkuliah?

Adakah prestasi akademik atau non-akademik yang kamu meraih selama kuliah?

Apakah Anda mulai salah jurusan?

apakah aktif berorganisasi selama berkuliah? Apa yang kamu dapatkan?

Apakah Anda dulu mengikuti kesibukan magang di sebuah perusahaan?

Tips/Cara Menjawab: Nah, untuk pertanyaan interview kerja fresh-graduate yang bertanya latar belakang pendidikan kamu, jikalau mampu menyertakan bukti-bukti pendukung layaknya transkrip nilai, Ijazah atau penghargaan lain yang berkaitan bersama dengan pekerjaan yang akan kamu lamar.

Tunjukkan bahwa kamu sangan passionate bersama dengan kuliah yang kamu laksanakan dan tunjukkan juga bahwa kuliah berikan banyak pengalaman dan kesempatan baru untuk meraih jenjang karir.

4. Pertanyaan Inti

Apa berlebihan Anda untuk pekerjaan ini?

Apa yang mampu Anda menawarkan untuk perusahaan ini jikalau kita mempekerjakan kamu?

Apa plan kamu didalam selagi 3 th. ke depan?

Seberapa didalam kah Anda mengetahui perihal perusahaan ini?

_ Sudah mengetahui kurang lebih -jobdesk- dan tanggung jawab untuk posisi yang kamu lamar?

Tips/Cara Menjawab: Alangkah baiknya pertanyaan wawancara kerja segar graduate yang bertanya perihal pokok pertanyaan perihal posisi pekerjaan yang akan kamu lamar.

Pastikan kamu telah riset dan mempunyai informasi-informasi dasar perihal perusahaan yang akan menggaji kamu dan posisi pekerjaan yang kamu lamar.

Jangan sampai tunjukkan sikap cuek apalagi muncul blank ketika ditanyakan perihal pengetahuan umum perusahaan yang dilamar.

5. Pertanyaan Tambahan

Pendidikan, karir atau keluarga?

Ada pertanyaan?

Tips/Cara Menjawab: Untuk menjawab pertanyaan interview kerja bagi lulusan baru layaknya ini memang amat mudah, Kamu cuma mesti muncul aktif bersama dengan bertanya 1-2 pertanyaan berkaitan pekerjaan kamu.

Tunjukkan sikap jikalau kamu amat idamkan jadi anggota perusahaan tersebut, walalupun kamu masih lulusan baru.

Akhir Kata

Itulah kumpulan Pertanyaan Interview Kerja Fresh Graduate yang telah Jaka rangkum untuk kamu para lulusan baru yang tengah melacak kerja.

Semoga sehabis membaca dan menerapkan tips ini, kamu mampu segera mendapatkan pekerjaan ya guys!