Informasi

Mengenal SIKADU IAIN Pekalongan Dengan Rinci

SIKADU IAIN Pekalongan – Setiap perguruan tinggi pastinya memiliki sistem akademik yang berbeda-beda. Tapi intinya sama yaitu sebagai situs Sistem Informasi yang menangani berbagai jenis transaksi akademis yang dirancang untuk mempermudah dalam menanggulangi persiapan kesibukan Akademis hingga proses perkuliahan selesai terhadap tiap tiap semesternya yang bisa diakses secara online lewat jaringan internet. 

Begitu pula IAIN Pekalongan, memiliki sistem akademik bernama SIKADU. Berbicara tentang IAIN Pekalongan, Institut Agama Islam Negeri Pekalongan atau IAIN Pekalongan adalah Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri di Pekalongan provinsi Jawa Tengah, Indonesia. IAIN Pekalongan didirikan berdasarkan pada Surat Keputusan Presiden Nomor 11 Tanggal 21 Maret 1997 bertepatan bersama dengan Tanggal 12 Dzulqaidah 1417 H. 

Kampus IAIN Pekalongan terletak di Jalan kusuma bangsa nomor 9 Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Sebelum menjadi IAIN Pekalongan, kampus ini dulu lebih dikenal dengan nama STAIN Pekalongan, yang memang berdiri pada tahun 1997. Setelah melaksanakan persiapan yang lumayan panjang dan perbaikan sistem, akhirnya terhadap tahun 1997 tepatnya terhadap bulan Januari Menteri Agama memberikan langka-langkah penataan dan termasuk pengembangan instansi agama Islam di lingkungan IAIN. 

Sehingga pada bulan Agustus 2016 status STAIN Pekalongan beralih jadi IAIN Pekalongan lewat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016. 

SIKADU IAIN Pekalongan Ac id

Mengenal SIKADU IAIN Pekalongan Dengan Rinci

Jika ingin menuju laman login SIKADU, maka buka halaman http://sikadu.iainpekalongan.ac.id/Login/index. Dengan tampilan login yang sederhana, membuat halaman ini tidak terlalu berat untuk di load. Inilah salah satu kelebihan dari SIKADU yang membuat SIKADU adalah halaman Sistem Akademik yang user friendly.

Pada halaman SIKADU, terdapat halaman login yang disertakan dengan validasi. Tentu sebelum melakukan login harus registrasi terlebih dahulu. User dan password akan diberikan kepada pihak kampus IAIN kepada Anda ketika pertama kali menjadi mahasiswa. Jadi, selalu ingat user dan password tersebut agar tidak repot kalau semisal ingin login.

SIKADU IAIN Pekalongan ac id Login Cara

SIKADU IAIN Pekalongan ac id Login Cara

Oke, sekarang kita akan membahas Login dari SIKADU IAIN Pekalongan dan apa saja hal yang perlu diketahui pada SIKADU yang sangat penting untuk sebuah Sistem Adiministrasi mahasiswa untuk menjalani kuliah. Berikut ini adalah panduan SIKADU 2 IAIN Pekalongan:

Login

Saat pertama kali membuka halaman SIKADU, yang tampil adalah kolom user, password, dan validasi. Silahkan isi sesuai dengan data yang Anda miliki dan ketikkan validasi sesuai dengan yang ada. Jika username, password, atau kode validasi salah, maka akan muncul peringatan pop up merah yang menjelaskan apa yang salah.

Beranda SIKADU IAIN Pekalongan

Setelah berhasil Login, akan tampin halaman depan (beranda) yang berisikan identitas singkat mahasiswa dan Info atau berita mengenai kegiatan akademik. Ketika anda berhasil login maka akun Anda tidak dapat digunakan di perangkat lain secara bersamaan. 

Administrasi

Untuk melihat information administrasi klik menu perkuliahan→administrasi. Jika resolusi perangkat amat kecil, kolom tabel tidak akan ditampilkan secara penuh. Klik icon bertanda “+” untuk menampilkan semua kolom yang disembunyikan. 

Input KRS

Input KRS dilakukan saat masa ajaran baru. Untuk panduan mengisi KRS, Anda bisa klik “FAQ” yang ada pada halaman login SIKADU. Di SIKADU IAIN Pekalongan FAQ, terdapat berbagai pertanyaan yang sering ditanyakan mahasiswa. Dijamin bisa menjawab kebingunan Anda termasuk untuk urusan input KRS dan masih banyak lagi.

Kembali ke input KRS, untuk bisa input KRS harus memenuhi syarat-syarat ini:

  1. Pada saat input/ Revisi KRS (akan ada tanggal input KRS sebelum memulai semester baru)
  2. Lunas Administrasi (UKT)
  3. Bukan mahasiswa baru, D3, Reguler Sore atau Non Reguler
  4. Tercatat sebagai mahasiswa aktif IAIN Pekalongan. Untuk isikan KRS klik menu input KRS

Untuk mengambil alih matakuliah, klik matakuliah/ kelas yang ada di daftar informasi kelas. Jika berhasil maka matakuliah/ kelas yang disita dapat muncul di daftar input KRS, namun jika gagal akan muncul pesan error. Adapun pesan error yang muncul adalah:

  1. Jumlah SKS melebihi jatah
  2. Kuota kelas penuh
  3. Jadwal bentrok dengan kelas lain
  4. Matakuliah telah ada di KRS
  5. Nilai matakuliah telah melebihi nilai maksimal yang diperbolehkanmengulang
  6. Matakuliah prasyarat belum diambil
  7. Matakuliah prasyarat belum lulus

Untuk menghapus atau membatalkan matakuliah, klik matakuliah/ kelas yang ada di daftar

input KRS. 

Presensi

  • Untuk mengecek rekap presensi, klik menu perkuliahan → presensi.
  • Pilih tahun akademik dan semester lantas klik cari maka akan ditampilkan rekap presensi.
  • Masing-masing kelas yang diambil pada semester tersebut.

KHS Semester SIKADU IAIN Pekalongan

KHS (Kartu Hasil Semester) adalah kumpulan nilai yang sudah diambil pada semester-semester sebelumnya. Untuk melihat KHS pada semester tertentu, klik menu perkuliahan→KHS→ Semester. Pilih tahun Ajaran dan semester yang diinginkan, lalu klik cari.

Untuk melihat KHS (nilai) kumulatif, klik menu perkuliahan → KHS →Kumulatif.

Sejarah IP (Indeks Prestasi)

Untuk melihat IP tiap semester secara keseluruhan, klik menu perkuliahan→KHS→Sejarah IP.

Jadwal Kuliah 

Jadwal kuliah ini akan keluar jika setelah input KRS dan sudah di acc oleh dosen pembimbing. Anda yang masih bingung bagaimana panduan mengambil mata kuliah yang benar, bisa konsultasikan dengan dosen pembimbing masing-masing.

Untuk melihat jadwal kuliah yang diambil, klik perkuliahan →Jadwal→ Kuliah.

Jadwal Ujian

Jadwal ujian akan muncul beberapa hari sebelum minggu ujian dimulai. Untuk melihat jadwal ujian, klik menu perkuliahan→Jadwal →Ujian.

Penawaran Kelas

Menu ini digunakan untuk melihat matakuliah/ Kelas apa saja yang ditawarkan pada semester tertentu. Untuk melihat penawaran kelas, klik menu penawaran kelas lalu pilih tahun akademik dan semesternya lalu klik cari.

Mengganti Password SIKADU

Demi mengamankan akun SIKADU Anda, jangan sekali-kali membagikan user dan juga password SIKADU Anda kepada siapapun. Hal ini dikarenakan SIKADU adalah Sistem Adminsitrasi mahasiswa pribadi yang sangat penting. Demi keamanan, ganti password SIKADU Anda secara berkala, tapi jangan lupa untuk mengingatnya agar tidak lupa.

Untuk mengganti password. Klik Nama→Ganti password

  1. Masukkan password lama Anda pada kolom password lama.
  2. Masukkan password baru Anda pada kolom password baru.
  3. Masukkan kembali password baru Anda pada kolom konfirmasi password.
  4. Klik simpan.

Logout SIKADU

Untuk keluar dari sistem klik Nama → logout (pastikan Anda melakukan logout untuk keamanan user Anda). Jika Anda lupa logout maka akan butuh 30 menit untuk bisa login lagi di perangkat lain.