Hiburan

Simpang Lima Semarang

Simpang Lima Semarang

Selain singgah ke objek wisata terkenal layaknya Lawang Sewu, kamu terhitung mampu singgah ke Simpang Lima Semarang. Alun-alun kebanggaan warga Kota Atlas ini terletak di pusat kota dan gampang diakses berasal dari mana saja.

Ah, ngapain singgah ke alun-alun? Paling terhitung isinya rumput doang. Eits, jangan salah, sebenarnya tersedia banyak kesibukan yang mampu kamu lakukan di sini. Mulai berasal dari yang mampu dikerjakan sendiri maupun beramai-ramai dengan keluarga atau sahabat.

Asyiknya lagi, kebanyakan kesibukan di sini nggak wajib menggunakan banyak uang. Malah, kamu mampu nikmatin wisata Simpang Lima Semarang tanpa terlihat biaya sama sekali.

Jadi penasaran kesibukan apa aja yang mampu kita lakukan di sana? Makanya, baca tetap artikel ini.

Sejarah Simpang Lima Semarang

Sebelum mengupas bermacam kesibukan seru yang mampu kamu lakukan di sana, tersedia baiknya kamu mengerti sekilas perihal histori Simpang Lima Semarang. Mungkin tak banyak yang mengerti kalau taman kota ini sebenarnya bernama Lapangan Pancasila.

Sebutan Simpang Lima terlihat gara-gara lokasinya yang berada di tengah-tengah lima persimpangan. Yakni Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Ahmad Yani, Jl. Gajah Mada, dan Jl. A. Dahlan.

Lapangan Pancasila pertama kali diresmikan tahun 1969. Namun, pembangunannya telah di awali sejak pemerintahan Presiden Soekarno.

Saat itu, Presiden Soekarno mendambakan alun-alun Semarang dipindah berasal dari posisinya awal mulanya di Kawasan Kauman. Pasalnya, sejak tahun 1938, alun-alun Kauman terkikis dan beralih kegunaan jadi kawasan perdagangan.

Pembangunan Pasar Johar dan pertokoan jadi mempersempit alun-alun lama ini. Hingga akhirnya, cuma tersisa Masjid Agung Kauman yang kini dilestarikan jadi cagar budaya yang wajib dilindungi.

Sejak diresmikan untuk umum, Lapangan Pancasila jadi ramai dikunjungi masyarakat. Berbagai event besar nasional dan festival rakyat seringkali diselenggarakan di daerah ini.

Ngapain Aja di Simpang Lima Semarang?

Nah, saat ini saatnya mengupas kesibukan apa saja yang mampu kamu lakukan di kawasan Simpang Lima Semarang, Jawa Tengah. Berikut ini anjuran kesibukan yang wajib kamu coba selama di sana.

1. Nongkrong Bareng Warga/Komunitas Lokal

Ada yang bilang kalau traveling ke daerah itu belum lengkap kalau belum berbaur dengan warga lokal. Nah, Simpang Lima Semarang mampu jadi daerah yang pas untuk meraih pengalaman tersebut.

Pasalnya, alun-alun seluas 50 x 15 m2 ini telah layaknya daerah pelarian warga setempat untuk membebaskan penat. Terutama Simpang Lima Semarang malam hari dan akhir pekan.

Kalau kamu tengah berwisata seorang diri, coba terhubung percakapan dengan warga setempat di sana. Tunjukkan sikap antusiasmu untuk mengenal Semarang lebih dalam. Siapa mengerti tersedia Info penting yang cuma diketahui warga setempat.

Apalagi, Lapangan Pancasila terhitung sering dijadikan daerah berkumpul komunitas-komunitas lokal. Coba cari mengerti jadwal berkumpul komunitas yang cocok dengan minatmu dan bergabunglah.

Yang wajib diingat, jangan hingga hilang kewaspadaan juga, ya. Bukan berburuk sangka, tapi sikap waspada senantiasa penting supaya tidak berjalan hal-hal yang tidak dinginkan.

2. Naik Sepeda, Becak, & Mobil Hias

Kalau kamu ke Simpang Lima Semarang malam hari, biasanya tersedia banyak sepeda, becak, dan mobil hias yang disewakan untuk turis. Coba deh rasakan serunya naik kendaraan wisata yang dihiasi lampu-lampu cantik ini.

Tarifnya kurang lebih Rp35.000/30 menit untuk sepeda. Sedangkan becak dan mobil sedikit lebih mahal, yaitu Rp40.000 untuk sekali putaran. Kalau senang lebih murah, coba keluarkan jurus menawarmu.

Aktivitas ini paling cocok membuat para remaja dan wisatawan yang membawa anak kecil. Tapi sebenarnya, senang seru-seruan dengan kawan dekat dewasa pun sah-sah saja. Malah, romantis terhitung membuat foto-foto bareng pacar.

Tak wajib malu, toh kamu kemungkinan tidak akan berjumpa kembali dengan orang-orang di sana. Cukup jadi diri sendiri dan nikmati liburanmu dengan sebebas-bebasnya.

3. Main Sepatu Roda, Inline Skate, & Otopet

Sepatu roda, inline skate, dan otopet terhitung banyak disewakan di Simpang Lima Semarang malam hari. Tarifnya kurang lebih Rp15.000 – Rp20.000/jam.

Tak wajib cemas kalau kamu tetap didalam bagian belajar. Trotoar Lapangan Pancasila cukup luas dan mulus. Kalau was-was jatuh, kamu mampu studi di rerumputan.

Ditambah lagi, biasanya banyak terhitung orang dewasa yang tetap studi di sini. Jadi, nggak usah malu akan kalah sama anak-anak kecil.

4. Main Catur 3 Langkah Mati

Buat penggemar tantangan, kamu mampu bermain catur 3 langkah mati di sini. Tinggal cari bapak-bapak yang menggelar papan catur di trotoar Simpang Lima Semarang malam hari.

Kamu wajib membayar Rp5.000 untuk memulai permainan melawan ayah tersebut. Kalau menang, kamu mampu membawa pulang 2 bungkus rokok. Tapi kalau kalah, duit pendaftaran tadi akan masuk ke kantong si bapak.

5. Foto-Foto

Mau foto-foto membuat dibagiin ke media sosial? Spot foto yang jadi favorit para pengunjung adalah tulisan Simpang Lima berasal dari lampu LED yang terpampang besar di tepi trotoar.

Tulisan ini pertama kali dibikin 2015 lalu dan senantiasa laris dijadikan background foto para turis. Soalnya, gambar Simpang Lima Semarang mampu jadi bukti bahwa kamu sebenarnya terlalu pernah ke sana.

Selain itu, kamu terhitung mampu berpose dengan karakter-karakter unik yang mondar-mandir di trotoar. Ada yang Mengenakan robot Transformer, Doraemon, Elsa Frozen, hingga hantu gentayangan. Setelah berfoto, jangan lupa kasih tips ke mereka ya.

6. Duduk Santai Sambil Menikmati Simpang Lima Semarang Malam Hari

Kalau kembali malas ngapa-ngapain, Lapangan Pancasila senantiasa cocok kamu kunjungi. Kamu mampu hanyalah duduk enjoy di kursi yang telah di sajikan di trotoar.

Bisa terhitung menggelar tikar di rumput sambil nikmati pemandangan atau menyimak orang-orang di sekitarmu. Tetap mampu asyik kan tanpa wajib mengeluarkan uang?

Kegiatan ini paling asyik dikerjakan di malam hari. Selain lebih sejuk, Simpang Lima Semarang malam hari biasanya lebih indah gara-gara tersedia lampu-lampu berasal dari kendaraan hias yang berlalu-lalang.

7. Mampir ke Mal

Kalau tiba-tiba kangen pingin wisata belanja, kamu tinggal singgah ke Mal Ciputra yang tersedia di seberang Simpang Lima Semarang persis.

Mau terlalu belanja atau hanyalah cuci mata boleh kamu lakukan di sini. Kamu pun mampu nonton film atau hanyalah nongkrong nikmati makanan di dalamnya.

8. Ikut Car-Free Day (CFD) & Event Khusus

Selain Simpang Lima Semarang malam hari, akhir pekan adalah saat yang paling pas untuk singgah di sana.

Di hari Minggu, bahkan tersedia event Car-Free Day supaya jalanan di kurang lebih lapangan ditutup untuk kendaraan bermotor. Jadi, kamu mampu bebas bermain sepeda, sepatu roda, atau jogging enjoy di jalanan terasa berasal dari pukul 06.00 – 09.00 WIB.

Beberapa komunitas atau instansi jadi sering mengadakan event spesifik saat CFD. Misalnya jalan santai, senam bersama, demo memasak, dll. Semuanya mampu dikerjakan dengan bebas tanpa cemas tertabrak mobil atau motor.

Aktivitas ini khususnya cocok untuk kamu yang membawa balita yang sering berlarian kesana-kemari. Jarang-jarang kan, balita boleh bermain di jalan raya.

Kendaraan wisata layaknya mobil dan becak hias terhitung banyak disewakan di acara ini. Ada terhitung penjual makanan, minuman, hingga mainan yang mampu kamu temui di selama jalan.

Selain CFD, kamu terhitung mampu mengikuti event spesifik di hari-hari tertentu. Misalnya saat tersedia Festival Dugderan, pawai Hari Kemerdekaan, malam perubahan tahun, dll. Saat tersedia event ini, biasanya situasi Simpang Lima Semarang malam hari akan jadi semarak.

9. Berburu Kuliner Simpang Lima Semarang

Selain lakukan aktivitas-aktivitas di atas, kamu terhitung mampu memanjakan perutmu. Di sekeliling Lapangan Pancasila, tersedia Pujasera daerah para pedagang menjual makanannya.

Berbagai model makanan tradisional tersedia di sini. Mulai berasal dari yang khas Semarang layaknya mengerti gimbal, wedang tahu, soto bokoran, dan lumpia; hingga khas daerah lain layaknya coto Makassar, dan soto Lamongan.

Jadi, jangan cemas kalau kamu cuma mempunyai saat satu hari tapi mendambakan merasakan bermacam macam kuliner Semarang. Selama perutmu tetap mampu diisi, kamu mampu memesan masakan yang kamu inginkan.

Tak wajib cemas akan mendapat harga fantastis layaknya yang sering berjalan di Malioboro Jogja. Di sini, kebanyakan penjual menempelkan daftar harganya supaya kamu tak wajib cemas tertipu.

Hanya saja, kamu cuma mampu nikmati kesibukan ini di Simpang Lima Semarang malam hari. Karena, penjual baru terasa terhubung dagangannya kurang lebih magrib hingga dini hari.

Cara Menuju Simpang Lima Semarang

Mau naik kendaraan pribadi maupun umum, alamat Simpang Lima Semarang tergolong gampang dijangkau. Berikut ini rutenya.

Kendaraan Pribadi

Dari Yogyakarta, kamu mampu lewat Magelang – Bawen, Magelang – Kopeng, maupun Klaten – Boyolali – Salatiga. Meski jarak tempuhnya nyaris sama, yaitu kurang lebih 126 – 133 km, rute Klaten – Boyolali – Salatiga terhitung yang paling cepat.

Pasalnya, berasal dari Salatiga kamu telah mampu masuk jalan tol hingga Semarang. Cukup mengikuti ruas Tol Salatiga – Bawen, masuk Tol Semarang – Solo, Tol Tembalang – Ungaran, Tol Srondol – Jatingaleh, – Tol Tanjung Emas – Srondol, dan terlihat di Gerbang Tol Gayamsari.

Lalu, belok kanan menuju Jl. Majapahit. Lurus tetap hingga kamu mendapatkan lapangan besar. Itulah Lapangan Pancasila dengan kata lain Simpang Lima Semarang.

Kalau kamu berasal berasal dari arah barat layaknya Jakarta, Cirebon, atau Pemalang, tinggal mengikuti jalan Pantura hingga masuk di Jl. Walisongo Semarang.

Lurus tetap hingga berjumpa Jl. Siliwangi dan melewati Kantor Imigrasi Semarang. Di Bundaran Kalibanteng, ambil jalan terlihat ke-3 menuju Jl. Jenderal Sudirman.

Masih lurus, sesudah jembatan kamu akan masuk di Jl. Mgr. Sugiyopranoto. Ambil belokan ke kiri pertama sesudah Lawang Sewu.

Kendaraan Umum

Naik BRT Trans Semarang merupakan langkah termudah untuk menggapai Simpang Lima. Selain itu, ongkosnya terhitung murah, yaitu Rp3.500 hingga ke daerah obyek selama kamu tidak terlihat berasal dari shelter.

Dari Bandara Ahmad Yani, naiklah koridor IV dan turun di shelter Karang Ayu. Lalu, oper koridor I menuju arah Penggaron dan turun di shelter Mal Ciputra.

Di shelter Karang Ayu, kamu terhitung mampu naik angkot Karang Ayu – Penggaron. Tapi, bermakna kamu wajib membayar lebih untuk angkot. Tarifnya sendiri kurang lebih Rp3.500 – Rp4.000 tergantung sopir.

Dari Stasiun Tawang, caranya nyaris mirip. Yakni naik BRT koridor IV lalu oper ke koridor I. Namun, kamu lebih baik oper di Balai Kota gara-gara wajib memutar pernah sebelum akan melewati Karang Ayu.

Sementara itu, berasal dari Stasiun Poncol dan Pelabuhan Tanjung Emas caranya sama. Tinggal naik BRT koridor III dan turun di Mal Ciputra.

Berangkat berasal dari Terminal Penggaron dan Mangkang terhitung tak kalah mudah. Karena di sana telah tersedia BRT koridor I yang segera menuju Penggaron.

Berbeda kembali kalau kamu memulai perjalanan berasal dari Terminal Terboyo. Kamu wajib naik koridor II dan turun di Balai Kota, baru oper ke koridor I.

Jam Operasional & Tiket Masuk

Didirikan sebagai alun-alun terbuka untuk masyarakat, Simpang Lima Semarang pada biasanya mampu diakses kapan saja. Lapangan ini nyaris senantiasa diakses setiap hari selama 24 jam penuh.

Hanya pada event-event spesifik lah lapangan ini ditutup. Misalnya saat tersedia upacara peringatan Kemerdekaan RI, Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah, atau acara lainnya.

Terkadang, cuma jalan di kurang lebih lapangan yang ditutup, saat pejalan kaki tetap mampu beraktivitas layaknya biasa. Jadi, lebih baik cari mengerti apakah kamu mampu ke sana atau tidak.

Kamu tak wajib belanja tiket masuk untuk singgah ke daerah ini. Namun, kalau mendambakan menyewa sepeda, berbelanja, atau berburu kuliner Simpang Lima Semarang, pasti kamu wajib mengeluarkan kocek tersendiri.

Tips Wisata

Itu dia wejangan lengkap membuat kamu yang mendambakan singgah ke Simpang Lima Semarang. Sebelum berangkat, baca pernah tips berikut ini supaya wisatamu jadi lancar dan menyenangkan.

  • Waktu yang paling pas untuk singgah ke sana adalah pagi, sore, atau malam hari. Usahakan untuk tidak singgah di siang bolong gara-gara hawa terlalu panas dan sinar mataharinya terik. Selain itu, kendaraan yang lalu lalang terhitung terlalu ramai supaya rawan polusi.
  • Kalau kamu sebenarnya mendambakan singgah di siang hari, memakai tabir surya untuk melindungi kulitmu.
  • Siapkan duit receh untuk menyambut kehadiran pengamen saat makan di Pujasera.
  • Selalu jadi turis yang bertanggung jawab. Jaga norma kesopanan dan jangan meninggalkan sampah apa pun di lapangan, ya!
  • Cari mengerti jadwal event hiburan rakyat yang akan diselenggarakan di Simpang Lima Semarang. Jangan hingga kelewatkan event khas yang sukar kamu jumpai di daerah lain layaknya Dugderan. Akan tetapi, ingat bahwa jalanan di sekeliling lapangan kemungkinan akan ditutup selama event berikut digelar. Perkirakan apakah kamu mampu melacak daerah parkir atau lebih baik jalan kaki menuju ke sana.
  • Saat tersedia CFD atau festival hiburan rakyat, Lapangan Pancasila mampu terlalu ramai. Hindari Mengenakan perhiasan mencolok. Jaga baik-baik barang bawaanmu supaya terhindar berasal dari copet.
    Kalau tak senang repot, kamu mampu menginap di hotel dekat Simpang Lima Semarang. Pilihannya cukup banyak. Tinggal menyaksikan liat dan cari web site booking hotel yang sesuai. Dari sini, kamu mampu dengan gampang menggapai daerah wisata di Semarang lainnya.