Informasi

Obyek Wisata Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

Wisata Pekalongan – Berkunjung ke Pekalongan? Mungkin yang terlintas pertama pada benak kamu adalah untuk mencari batik khas dari Pekalongan. Itu tidak salah karena Pekalongan sendiri adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang dikenal dengan Kota Batik. Biasanya, banyak orang berkunjung ke Pekalongan juga hanya sekedar lewat, karena Pekalongan ini berada di jalur utara atau jalur Pantura provinsi Jawa Tengah.

Sekilas tentang Pekalongan, Kabupaten Pekalongan terdapat di jalur Pantura yang menghubungkan Jakarta-Semarang-Surabaya. Pekalongan berjarak 101 km sebelah barat Semarang, atau 384 km sebelah timur Jakarta. Pekalongan dikenal bersama julukan kota batik. 

Mengapa dikenal sebagai Kota Batik daripada dikenal untuk berbagai wisatanya yang padahal bagus-bagus? Pekalongan masuk jaringan kota kreatif UNESCO didalam kategori crafts & folk art pada Desember 2014 dan miliki city branding World’s city of Batik.

Kalau kamu berkunjung ke Pekalongan, tak ada salahnya untuk mencoba berbagai wisata yang ada di Pekalongan. Baik itu wisata alam, kuliner, bahkan berkunjung ke museum Pekalongan untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, Pekalongan siap memanjakan kamu selama weekend.

Museum Batik

Museum Batik

Berkunjung ke Pekalongan rasanya tidak lengkap kalau tidak kesini. Ya, namanya juga Kota Batik, pastinya harus tahu sejarah mengapa Pekalongan sebutannya bisa seperti itu.

Di Museum Batik ini, kamu bisa memperkaya tentang berbagai jenis dan corak batik yang ada di Indonesia dari jaman dahulu hingga sekarang. Untuk tiket masuknya murah, jadi wajib banget mengunjungi museum ini.

Jika ingin berkunjung kesini, Museum Batik terletak di Jl. Jatayu No.3, Panjang Wetan, Kec. Pekalongan Utara, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah.

Wisata Petungkriyono Pekalongan

Wisata Petungkriyono Pekalongan

Puncak Tugu, merupakan salah satu destinasi wisata alam yang sedang viral di sosmed sekarang ini. Puncak ini merupakan puncak dari Pegunungan Kendeng dengan ketinggian 1930 Mdpl.

Basecamp pendakian berada di Dusun Sikucing Desa Yosorejo. Untuk mencapai puncak daerah wisata Pekalongan ini, dibutuhkan waktu tempuh 1 jam perjalanan. 

Mengapa kamu harus kesini? Karena pemandangan sunrise dan landscape nya yang sangat bagus dan sangat cocok untuk menambah koleksi foto yang bisa kamu pamerkan di sosial media. 

Perlu diperhatikan, kecamatan Petungkriyono masih sangat alami. Jadi, sangat jarang ada rambu-rambu yang mengarah ke Puncak Tugu. Jadi, sebisa mungkin tanya kepada orang yang pernah kesana atau warga setempat agar tidak tersesat.

Lokasinya ada di Tlogohendro, Petungkriono, Pekalongan, Jawa Tengah. Jika ingin treking hanya membeli tiket Rp 5.000 saja.

Objek Wisata Linggo Asri

Objek Wisata Linggo Asri

Suka berwisata dengan melihat berbagai hewan? Dan berbagai ragam hewan liar yang dirawat dengan baik? Wisata Pekalongan Linggo Asri adalah jawaban yang sangat tepat untuk mengisi liburanmu bersama dengan keluarga.

Dulu, tempat ini hanya sekedar kawasan wisata alam terbuka dengan berbagai hewan liar yang ada di penangkaran. Namun sekarang, pihak pengelola menambahkan berbagai wahana yang bisa membuat betah untuk berada di Linggo Asri.

Ada aneka wahana yang cukup lengkap mulai dari taman terbuka, arena bermain anak, kolam renang, kebun binatang, outbound, arung jeram, tracking ke hutan alami hingga berkemah atau kemping. 

Yang seru disini adalah rafting. Aktivitas rafting atau arung jeram ini dinamakan Wana Wisata Kali Paingan. Arung jeram ini mengandalkan aliran arus kali yang alami dan bebatuan yang alami.

Sangat cocok untuk menantang adrenalin kamu. Bukan hanya arung jeram, disini kamu juga bisa river tubing dan juga cliff jumpng.

Jika ingin berkunjung kesini, langsung saja ke Linggoasri, Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah. Harga tiket masuk kawasan Linggosari hanya Rp 5.000 saja.

Wisata Mangrove Park Pekalongan

Wisata Mangrove Park Pekalongan

Sebagai kawasan konservasi mangrove, tempat wisata ini juga sangat banyak manfaatnya, paling utama adalah mencegah pengikisan tanah yang disebaabkan oleh aliran air, dan memecah ombak besar yang menuju daratan.

Disana, ada 2 boat yang bisa kamu sewa bersama dengan kawan atau keluargamu. Harga sewa boat ini cukup murah, hanya 10 ribu per orang dan kamu akan diajak berkeliling di kawasan hutan mangrove selama 30 menit. Waktu yang cukup lama dan cukup membuat kamu puas.

Sangat disarankan untuk yang ini, karena nantinya kamu akan diajak di lorong bakau yang dinamakan lorong cinta. Pokoknya Instagramable.

Lokasinya ada di Desa Kandang Panjang, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah. Harga tiket masuk kawasan mangrove juga murah, hanya Rp. 4000 saja.

Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Wisata Pantai Wonokerto Pekalongan

Dulu, wisata ini memang tidak banyak diminati karena pengelolaannya yang kurang, sehingga tidak enak untuk dijadikan destinasi wisata Pekalongan. Namun, sekarang sudah berbeda.

Pihak pengelola sudah menata serapih dan sebersih mungkin kawasan wisata pantai di Pekalongan yang satu ini.

Di pantai Wonokerto tempat wisata Pekalongan, banyak terdapat kursi dan gasebo dibawah deretan pohon cemara. Sebagai fasilitas pengunjung duduk-duduk.

Ada pula menara pandang menghadap laut lepas untuk menikmati panorama dan keadaan pantai yang eksotis di Pekalongan ini. 

Tempatnya ada di Desa Wonokerto, Wonokerto, Kab. Pekalongan, Jawa Tengah. Harga tiket masuk, tentunya murah, hanya Rp. 3000.

Wisata Kajen Pekalongan

Wisata Kajen Pekalongan

Kalau ingin merasakan wisata alam dengan bermain di air terjun, daerah Kajen, Pekalongan adalah surganya. Kajen adalah kelurahan di kecamatan Kajen, Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia. Terdapat banyak sekali air terjun yang bisa kamu singgahi untuk bermain air dan juga untuk sekedar berfoto-foto. 

Berbagai wisata Kajen Pekalongan yang terdapat air terjun diantaranya adalah:

Tidak hanya itu, masih ada sangat banyak tempat wisata terbaru Pekalongan yang ada disana yang sedang hits dan viral.

Wisata Kuliner Pekalongan

Wisata Kuliner Pekalongan

Sudah puas bermain-main di daerah Pekalongan, saatnya kulineran di Pekalongan. Jangan salah, Pekalongan memiliki sangat banyak wisata kuliner yang sangat nikmat. Bahkan mungkin kamu belum pernah mencicipinya walaupun kamu adalah orang Jawa Tengah sekalipun.

Berikut ini adalah tempat wisata kuliner Pekalongan yang bisa kamu kunjungi:

  1. Sego Megono Mbah Ibah. Lokasi: Taman Sorogenen, Jalan Mawar, Kota Pekalongan.
  2. Nasi Ruwet Haji Zarkasi. Lokasi: Jalan Sulawesi No. 25 Kelurahan Bendan Kergon, Kecamatan Pekalongan Barat.
  3. Garang Asem Haji Masduki. Lokasi: Jalan Jenderal Sudirman No. 169, Pekalongan. Arah ke Jakarta dari Semarang.
  4. Sop Buntut Bu Leman. Lokasi: Jalan Dr. Wahidin No. 91 D, Noyontaan, Pekalongan Timur.
  5. Pindang Tetel. Lokasi: Desa Ambokemabang, kecamatan Kedungwuni.
  6. Tauto. Lokasi: Sepanjang Jalan Pantura.
  7. Sapitan. Lokasi: Bisa ditemukan di berbagai warung Sego Megono.

Puas bukan berwisata di Pekalongan? Yuk eksplore lebih jauh Pekalongan. Jangan lupa ya, jaga selalu kebersihan tempat wisata agar tetap bersih dan enak untuk dikunjungi.